Signifikan, Perkembangan Dunia Robotik di Bengkulu

Featured Kota Bengkulu Pendidikan

RBO, BENGKULU – Dari tahun pertama bomingnya robotik di Bengkulu, tepatnya tahun 2013 silam sampai sekarang robotik menjadi salah satu primadona bagi siswa. Baik kalangan SD, SMP, SMA, bahkan mahasiswa. Perkembangannya juga tidak main-main. Pemerintah daerahpun turut andil mendukung penuh dengan menganggarkan setiap workshop dan event robotik.
“Selama lima tahun terakhir, dunia robotik semakin berkembang dikalangan pelajar khususnya. Dulu tahun 2013 tingkat SMA/SMK masih dinaungin oleh Dikbud Kota, jadi banyak siswa lain bertanya-tanya kenapa sekolahnya tidak ikut dalam lomba robotik. Kalau dulu sangat sulit mencari pesertanya, Alhamdulillah, sekarang berbondong-bondong siswa ingin mendaftar lomba maupun kegiatan robotik,” ujar Ketua Rafflesia Robotik Bengkulu, Suparjo, S.Pd pada jurnalis, kemarin.

Menurutnya, itu merupakan salah satu indikator bahwa minat dan perkembangan robotik di Bengkulu semakin berkembang. “Sebenarnya, yang terpenting di siswa dan sekolah itu sendiri. Jadi seluruh elemen terkait sama-sama bersinergi mendukung supaya lembaga sekolah dapat menfasilitasi belajar siswa dalam robotic. Salah satunya, kit-kit robot, ruang belajar dan menyediakan guru profesional yang ahli dalam bidang robotik, supaya mendampingin siswa di sekolah,” bebernya.

Sedangkan untuk harga alat-alat yang dibutuhkan dalam robotik, dia menjelaskan, harganya relatif. Mulai dari yang paling murah itu ada untuk siswa berlatih. “Kalau di Bengkulu untuk membelinya itu belum ada. Jadi banyak beli di online. Siswa juga sudah mahir dalam membeli melalui online. Sehingga kita sebagai orangtua mengarahkan apa yang mau dibeli,” tutupnya. (Ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *