Walikota Bengkulu Resmikan Masjid Al Iman Tanah Patah

Featured Kota Bengkulu

RBO  >>>  BENGKULU  >>>  Sejak berdiri 73 tahun yang lalu, Masjid Al Iman hanya sebuah bangunan masjid yang sangat sederhana. Dengan perjuangan masyarakat yang selalu ingin memakmurkan masjid dan mencari amal ibadah, akhirnya tepat di bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini, H.Helmi Hasan,SE selaku Walikota Bengkulu secara resmi menandatangani batu prasasti peresmian Masjid Al Iman Tanah Patah Bengkulu. Dengan peresmian yang sudah dilaksanakan nantinya, diharapkan mampu untuk menampung para jamaah lebih banyak dan agar khusyuk dalam menjalankan ibadahnya.

      Walikota juga berharap, “Jangan hanya dilakukan peresmian, tetapi harus memakmurkan masjid. Niscaya kalau kita memakmurkan rumah Allah, maka Allah juga akan memakmurkan kita,” ucapnya.

      Mudah-mudahan, lanjutnya, generasi muda mampu menjadi manusia yang bertaqwa. Helmi Hasan juga mengapresiasi atas pembangunan masjid Al Iman, berkat kerja sama masyarakat dan semua jamaah khususnya yang ada dilingkungan Tanah Patah. Karena tanpa religius, masyarakat yang ada di Kota Bengkulu ini tidak akan bahagia.

Kebahagiaan masyarakat tersebut bisa dilihat dari makmurnya masjid yang ada di sekitarnya. Karena kebahagiaan yang sesungguhnya bukan berasal dari seberapa banyak uang yang dihasilkan, bukan juga dari tingginya teknologi, dan bukan juga seberapa banyak tol yang dibangun. Walikota juga akan memberikan apresiasi bagi siapa saja yang mau memakmurkan masjid. Karena, tanpa memakmurkan masjid, meskipun mempunyai hutan yang luas , laut luas, tanah subur, tapi apa guna kalau tidak memakmurkan masjid. Justru hutan yang luas, laut yang luas, tanah yang subur akan memberikan musibah bagi manusia tersebut. Dengan contoh, musibah gempa bumi, tsunami dan kebakaran hutan. Tetapi semua itu bisa diatasi dengan seluruh masyarakat Kota Bengkulu memakmurkan masjid.

      ‘’Untuk itu, Kita pemerintah Kota Bengkulu mempunyai program yang religius. Yaitu, membuka masjid 24 jam,” ungkap Helmi Hasan.

      Kenapa program ini dilaksanakan? ‘’Karena, tidak akan mungkin sehelai daun kering akan jatuh tanpa seizin Allah. Ketika di dalam masjid melakukan berbagai macam kegiatan ibadah, insya Allah bencanapun tidak akan menghampiri.’’

Agar masjid yang dicintai ini selalu ramai dengan jamaah dan kegiatan ibadah, apa yang harus dilakukan. Pada zaman Nabi Muhammad SAW terdahulu, Nabi cuma mempunyai dua cara. Yaitu makan –makan, jalan-jalan. Sehingga menjadi satu hati. Dengan contoh yang sangat ringan saja,  “Seperti singa yang sangat ganas dan buas apabila dibawa ke kota dan diberikan makan yang enak, insya Allah singa tersebut akan menjadi jinak.”

      Masjid juga jangan sampai dirasakan masyarakat seperti tempat yang sacral. Tidak boleh kotor, terlalu banyak aturan. Karena, dengan rasa nyaman saja yang dirasakan orang, walaupun sekadar hanya untuk beristrahat dan sebagainya, sudah menjadi awal yang bagus. Karena orang tersebut sudah mau  menginjakkan kakinya ke masjid. Insya Allah dengan seperti itu, masjid akan menjadi makmur. “Pemda Kota Bengkulu juga akan memberikan oleh –oleh ke seluruh masjid yang ada di Kota Bengkulu terhitung September 2019. Akan menggratiskan PDAM nya dan insya Allah kedepannya akan mencari cara bagimana cara nantinya listrik yang ada di masjid semuanya gratis dan masjidpun  bisa dengan mudah menggunakan AC untuk kesejukan di dalam masjid,” tutup Helmi Hasan.

   Ketua pengurus Masjid Al Iman Tanah Patah, Mohd.Jafri.AR.S.Ip mengatakan, dia akan menjadikan masjid ini sesuai dengan fungsinya. Dimana masjid ini nanti akan dijadikan tempat berzikir dengan menyebutkan asma Allah, mendirikan salat, itikaf,dan tempat membaca Al _Quran. Masjid Al Iman ini juga nantinya akan difungsikan tempat majelis ilmu. Seperti ceramah, berdiskusi,dan tanya jawab untuk meningkatkan pengetahuan agama. “Kita juga sudah menjadikan masjid Al Iman ini sebagai tempat social. Seperti menjadikan masjid ini mengumpulkan para anak –anak yatim dan kaum dhuafa untuk menerima santunan. Apalagi di saat di bulan Ramadhan,” ucap Jafri.

   Insya Allah masjid Al Iman ini nantinya mampu mengikuti apa yang menjadi program Walikota dengan cara memakmurkan masjid dengan membuka masjid 24 jam.(Sir 1/Yar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *