Dinkes Dorong Masyarakat Hidup Sehat

Bengkulu Selatan Ekonomi & Bisnis Featured Kesehatan Kota Bengkulu Pemda Provinsi Sosial & Budaya

Kota dan BS Masuk Verifikasi Wistara dan Padapa

RBO, BENGKULU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mendorong agar masyarakat di Provinsi Bengkulu pada umumnya untuk dapat menerapkan pola hidup sehat. Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Dinkes Provinsi, H. Herwan Anthoni S.KM, S.Kep, M.Si saat audiensi bersama tim penilai Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan RI di ruang rapat lantai tiga Pemda Provinsi Bengkulu, Senin (26/8).

“Kita mendorong agar masyarakat dapat hidup dalam lingkungan yang sehat, bersih, aman dan nyaman. Sebab itu dibutuhkan kesadaran hidup sehat. Karena itu dibutuhkan peran dan dukungan dari forum kabupaten/kota sehat yang ada saat ini,” ungkap Herwan Anthoni, kemarin.

Sebelumnya, kata Herwan Anthoni, tahun 2019 ini, untuk Provinsi Bengkulu ada dua daerah yang masuk dalam kategori kota sehat. Pertama, Kota Bengkulu yang akan dilakukan verifikasi untuk predikat Wistara. Sedangkan yang kedua, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) untuk kategori Padapa.

“Target kita tahun 2019 ini 60 persen daerah kabupaten/kota bisa masuk dalam penilaian Kota/Kabupaten sehat. Namun untuk Rejang Lebong itu ternyata belum masuk. Kita harapkan tahun 2021 nanti semakin bertambah untuk daerah kabupaten/kota yang akan masuk verifikasi penilaian daerah sehat. Dan kepada tim verifikasi kami ucapkan selamat datang. Kami telah mempersiapkan jadwal rundown kegiatan selama tim verifikasi turun ke Bengkulu. Untuk itu, kami mohon pembinaan serta masukan dan saran dari tim verifikasi. Sebab pada umumnya kami telah berupaya maksimal dalam mempersiapkan untuk penilaian kota/kabupaten sehat ini. Dan kedepan harapan kami dengan adanya dua daerah ini yang masuk penilaian bisa memotivasi bagi daerah kabupaten lainnya,” kata Herwan Anthoni.

Adapun dari tim verifikasi, Calvin Wattimena S.KM, M.Kes yang ditemani oleh Asti S.KM, M.KM dari Kemenkes RI, dia menyampaikan kedatangan mereka ke Bengkulu guna melakukan verifikasi untuk dua daerah yang akan mendapat predikat Wistara dan Padapa tersebut. “Kita hari ini dari forum komunikasi Kota Sehat, akan ke kelompok kerja guna melihat apa yang telah dilakukan oleh forum Kota Sehat Bengkulu. Nanti yang akan kami verifikasiatau pengecekan ulang, terhadap apa yang telah dilakukan oleh forum yang difasilitasi pemerintah. Apakah sudah sesuai SOP nya, kita berbicara Kota Bengkulu untuk memverifikasi. Kalau memang pantas nanti akan diberikan predikat tersebut. Kalau kapan hasilnya akan disampaikan, hanya saja sejauh ini saya sudah kota ketiga dalam verifikasi. Kalau gak salah ada sebanyak 165 daerah kabupaten/kota yang akan kita verifikasi,” kata Calvin. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *