Program Seribu Jamban, Kodim Ajak Masyarakat Seluma Hidup Sehat

Featured Seluma

RBO  >>>  SELUMA  >>>   Pabandya Bid Bhakti Dam II/Swj Letkol Inf. Yunik Hartono bersama Bati Bhakti Dam di dampingi Pasi Komsos Rem 041/Gamas melaksanakan kegiatan pengawasan dan evaluasi (Wasev) pemeriksaan Program Bidang Bhakti Sterdim Dim 0425/Seluma kemarin.

Kegiatan Tim Wasev tersebut melaksanakan pemeriksaan administrasi rencana, pelaksanaan kegiatan dan laporan program bidang bhakti semeter II diantaran kegiatan program seribu jamban yang dilaksanakan Kodim 0425/ Seluma.

One/RBO
Salah seorang warga penerima Program Jambanisasi Kodim 0425 Seluma foto bersama

“Pemantauan dan pengawasan di lapangan, salah satunya program jambanisasi. Dengan adanya program ini membantu masyarakat dapat hidup sehat,” kata Letkol Inf. Yunik Hartono saat meninjau pembangunan jamban warga di Dusun Petai Keriting, Kelurahan Sido Mulyo, Kecamatan Seluma Selatan, Selasa (3/9).

Untuk Kabupaten Seluma, setidaknya ada sekitar 500- an pembangunan jamban oleh Kodim 0425 Seluma. Selain program jambanisasi juga dilaksanakan program penghijauan dan KB. “Pembangunannya swadaya dan melibatkan warga dan anggota,” sampainya.

Dibagian lain, Danramil Seluma, Kapten Iskandar menyebutkan, terkhusus diwilahnya ada 3 unit pembangunan jamban.

“Dua di Kelurahan Sido Mulyo, Kecamatan Seluma Selatan,  dan satu lagi di Kelurahan Talang Saling, Kecamatan Seluma,” ujarnya.

Ditambahkannya, kegiatan tersebut merupakan Program Seribu Jamban yang sedang gencar dilaksanakan oleh Kodim 0425 Seluma.

“Pada pelaksanakan program Jambanisasi, dipantau oleh Babinsa yang bertugas di desa binaan masing-masing dengan mendata dan membantu pelaksanaan di lapangan,” ungkap Danramil.

Dirinya berharap Program Jambanisasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat kalangan menengah ke bawah untuk membiasakan pola hidup sehat.

“Kita melaksanakan program ini sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang belum memiliki jamban di setiap rumah warga agar kesehatan masyarakat makin terjamin kesehatannya”, ujarnya.

Dijelaskannya, TNI akan terus berupaya membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya. Program ini juga dilakukan oleh seluruh Jajaran Koramil yang ada di wilayah Kodim 0425 Seluma.

Sementara itu salah seorang warga penerima program Jambanisasi, Suryadi, warga Dusun Petai Keriting, Kelurahan Sido Mulyo, Kecamatan Seluma Selatan mengaku sangat senang mendapat bantuan Jamban.

“Kami sangat berterima kasih dan merasa sangat terbantu dengan program ini,” singkat Suryadi. (0ne)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *