Rejang Lebong Bersihkan Data Penduduk

Featured Rejang Lebong

Banyak Ditemukan Data Ganda

RBO  >>>  CURUP  >>>   Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Rejang Lebong (RL) terus melakukan perbaikan atau pemutakhiran data kependudukan. Salah satunya dengan melakukan pembersihan data kependudukan yang belum melakukan perekaman data untuk e-KTP.

Menurut Kadis Dukcapil RL, Dr. Muradi melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap, SH, MM, dari data awal jumlah yang belum melakukan perekaman e-KTP mencapai 27 ribu jiwa. Namun setelah melakukan pengecekan di lapangan, ternyata banyak data ganda dan data tidak ditemukan. “Makanya kita langsung melakukan upaya penghapusan atau pembersihan data ganda dan data yang tidak ditemukan dilapangan. Totalnya mencapai lebih kurang 21 ribu jiwa. Sehingga data yang belum sama sekali melakukan perekaman e-KTP hanya di angka enam ribuan,”ungkapnya.

Sambungnya, untuk pengecekan di lapangan dilakukan dengan cara bertahap. Diawali dengan petugas turun mendatangi wilayah yang terdata masih banyak belum melakukan perekaman e-KTP. Kemudian setelah perekaman dilakukan, kemudian dibandingkan dengan data yang ada. “Misalkan data kita ada 50, ternyata didatangi yang melakukan perekaman hanya 20 orang. Kemudian kita cek satu persatu data warga tersebut, ternyata orangnya tidak ada. Tetapi ada juga dikarenakan nama di KK dan di e-KTP tidak sama. Sehingga terjadi data ganda lantaran sudah ada e-KTP, tapi terdata belum. Kita akan terus berupaya untuk melakukan pemutakhiran data untuk mengoptimalkan keakuratan data,” ujarnya. (ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *