Mau Jadi Cagub PDIP? Silakan Daftar Sekarang

Featured Pemda Provinsi PEMERINTAHAN Politik

Hanura dan PAN Segera Buka Penjaringan

RBO, BENGKULU – Tahun depan digelar Pilkada serentak untuk yang keempat kalinya. Selain Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Bengkulu juga ada Pilkada delapan kabupaten. Untuk itu, dari beberapa Partai Politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD baik tingkat I maupun tingkat 2. Saat ini mereka mulai membuka penjaringan serta pendaftaran.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri S.Sos, MM mengakui hal itu. “Kita memang sudah membuka penjaringan dan pendaftaran, sejak kemarin kita sudah buka baik untuk di kabupaten maupun tingkat provinsi. Jadi silakan kandidat Cakada baik itu Gubernur maupun Bupati, PDIP membuka peluang untuk dapat diusung menjadi calon nantinya,” ungkap Ihsan Fajri, Selasa (10/9).

Adapun persyaratan guna menjadi Cakada PDIP, ditegaskan oleh Ihsan Fajri, sebenarnya syaratnya normatif. “Kita ini baru penjaringan, belum penyaringan. Penjaringan itu nanti hak DPP, kami akan menyampaikan nama-nama yang mendaftar ke DPP. Silakan nanti DPP yang memverifikasi serta mengevaluasinya. Untuk pendaftaran sendiri sudah mulai kami buka hingga 30 hari kedepan. Dan jika memang dibutuhkan nanti waktu pendaftaran ini bisa kita perpanjang sesuai dengan kebutuhan jika dianggap perlu,” terang Ihsan Fajri.

Dan terkait peluang berkoalisi dengan Parpol lainnya, dimana PDIP sendiri saat ini memiliki modal tujuh kursi DPRD Provinsi, sementara syarat minimal untuk mendaftarkan Paslon Sembilan kursi. Ihsan Fajri mengatakan semuanya ada kemungkinan untuk berkoalisi, “Termasuk dengan Golkar kita sama-sama punya tujuh kursi. Dan untuk kader PDIP sendiri, kami siap, tinggal lagi instruksi partai, kami tetap berpedoman pada instruksi partai. Walaupun kami punya tujuh kursi di daerah, tapi bukan berarti kami bisa langsung saja, tetap ada arahan dari DPP partai,” tegasnya.

Adapun dari DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu melalui sekretarisnya Samsu Amanah S.Sos, dia mengatakan pada akhir September ini, mereka mulai akan membuka penjaringan dan membentuk tim mulai dari DPD tingkat II sampai DPD tingkat I. “Artinya Golkar sangat weelcome kepada semua tokoh untuk mendaftar, dan mengambil serta mengisi formulir pendaftaran, dimana nanti minimal lima, maksimal 10 calon yang akan kita bawa ke DPP nanti untuk disurvei, siapa kader terbaik boleh dari Golkar sendiri, dan boleh dari luar Golkar,” kata Samsu Amanah.

Sebelumnya dari Waka I DPW PAN Provinsi Bengkulu Dempo Xler S.Ip, M.Ap, selain telah menawarkan Susi-Kopli, dia juga pernah mengatakan bahwa DPW PAN Provinsi Bengkulu telah membentuk tim lima untuk Pilkada, “Kita sudah bentuk tim untuk menghadapi Pilkada,” singkatnya.

Dan dari Partai Hanura, melalui tim penjaringan Cakada DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu Ir Marwan Ramis mengatakan, dalam waktu dekat, mereka mulai akan membuka penjaringan. “Dalam minggu ini, kami sudah akan membuka pendaftaran. Tapi sebelum itu, kami akan rapat terlebih dahulu. Sejauh ini sudah ada beberapa kandidat Cagub yang melakukan pendekatan, tapi nanti bagi yang berminat diusung oleh Hanura silakan mendaftar dan ikuti mekanisme yang ada. Nanti bagi yang Cakada tingkat II silakan mendaftar di DPC dan untuk tingkat I di DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu. Kalau untuk kader yang akan maju, secara kesiapan untuk nomor satu kita belum ada. Tapi kalau untuk posisi nomor dua sebagai Cawagub, banyak kader Hanura yang siap,” kata Marwan. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *