Tabut 2019 Lebih Baik dan Lebih Sukses

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi PEMERINTAHAN Sosial & Budaya

Ini Catatan Khusus Untuk Tahun Depan

RBO, BENGKULU – Event festival budaya tabut 2019 berjalan sukses dan lancar serta yang telah berakhir kemarin. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan, Pelaksanaan event festival tabut tahun ini lebih baik dan sukses dibanding tahun sebelumnya.

“Dari kegiatan kita saat mengikuti pembuangan tabut tadi. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik sesuai rencana. Dan dalam dilaksanakannya tabut kita tahun ini, selain disusun secara matang dan koordinasi kita dengan pihak KKT, semuanya dapat berjalan dengan baik. Ditambah lagi dalam event tabut tahun ini, kita juga didukung dengan kondisi cuaca yang bersahabat sehingga semua tahapan selama 10 hari Muharam berjalan dengan baik,” ungkap Irsan Setiawan pada radarbengkuluonline.com, usai maghrib, Selasa (10/9).

Hanya saja kata Irsan, kendati dinilai sukses, namun tetap ada beberapa evaluasi yang menjadi catatan mereka untuk pelaksanaan tabut tahun depan. “Memang ada beberapa catatan yang akan menjadi evaluasi kita. Sama seperti pelaksanaan tabut tahun ini, kita menjadi lebih baik karena evaluasi tabut tahun 2018 lalu.

Seperti ketika pelaksanaan kegiatan ritual tabut saat arak-arakan menuju lokasi pembuangan tabut, itu tadi sedikit menjadi catatan kita karena saat melaksanakan ritual, terkesan lokasinya sangat sempit sehingga tidak bisa disaksikan oleh masyarakat banyak. Mungkin kedepan ini perlu kita evaluasi, bagaimana agar nanti ketika ritual tabut dilaksanakan dapat dilihat oleh masyarakat banyak. Dan dalam hal ini, menjadi masukan bagi kami serta KKT untuk pelaksanaan tabut tahun depan,” terangnya.

Kemudian dari Pak Gubernur Dr H. Rohidin Mersyah lanjut Irsan, Beliau juga merasa cukup puas atas pelaksanaan event tabut tahun ini karena dari awal hingga penutupan tabut tertata dengan baik. “Tadi Pak Gubernur menyampaikan, Pelaksanaan tabut tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan dari dukungan masyarakat serta BUMN yang ada di Bengkulu juga terlihat lebih antusias dimana itu artinya mereka semua sudah paham bahwa tabut ini adalah festival event budaya internasional yang harus kita hidupkan dan kita lestarikan,” kata Irsan.

Selain itu dari Dubes Iran yang menyempatkan hadir ke Bengkulu, meskipun tidak ikut dalam kegiatan pembuangan tabut tadi, Namun saat menyaksikan tabut besanding, Dubes Iran menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan tabut di Bengkulu. “Dubes Iran mereka lebih banyak berkomunikasi dengan KKT, namun dari yang mereka sampaikan kepada kita, Dubes Iran mengapresiasi kegiatan tabut. Mulai dari penyambutan hingga pelaksanaan tabut yang sangat antusias disaksikan oleh masyarakat. Harapan kita kedepan tahun 2020 nanti kegiatan tabut dapat lebih meriah dan sukses,” pungkas Irsan. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *