Bukit Kandis Terbakar, Puntung Rokok Dicurigai

Desa Featured Hukum & Kriminal Pariwisata Peristiwa

RBO, BENTENG – Masyarakat di Desa Durian Demang Kecamatan Karang Tinggi, Rabu kemarin (11/9) mendadak heboh. Pasalnya, salah satu objek wisata andalan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang sudah dikenal hingga tingkat nasional yaitu objek wisata Bukit Kandis yang terletak di Desa Durian Demang terbakar.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, penyebab kebakaran tersebut diduga berasal dari api puntung rokok pengunjung Bukit Kandis. Hal ini diperkuat karena sebelum kejadian ada masyarakat setempat yang melihat ada sekitar empat orang pengunjung yang naik ke atas Bukit Kandis dan diduga membuang puntung rokok. Api pertama kali muncul dari puncak bukit, lalu dengan cepat membesar hingga melahap punggung bukit. Api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran hingga tidak sampai meluas ke lahan warga. “Syukur apinya tidak sampai meluas. Tadi cepat padam, walaupun petugas sedikit kesulitan lantaran sumber api berada di puncak bukit,” terang Kepala Desa Durian Demang Zainal.

Dibagian lain, pihaknya belum mengetahui identitas keempat pengunjung yang diduga memantik terjadinya kebakaran tersebut. Sementara itu, akibat insiden tersebut, pihaknya meminta pengunjung yang berkunjung ke objek wisata Bukit Kandis kedepannya untuk berhati-hati dan tidak membuang puntung rokok sembarangan karena dapat menyebabkan kebakaran. Hal ini ditambah lagi dengan kondisi musim kemarau seperti saat ini yang menyebabkan lahan mudah terbakar karena kering. “Peristiwa ini kita jadikan sebagai pelajaran. Kami minta kedepan wisatawan yang berkunjung ke Bukit Kandis untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok dan hal lain yang dapat memicu terjadinya api yang menyebabkan kebakaran,” tegasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *