Areal Persawahan di Lubuk Pinang Diserang Tikus dan Keong Mas

Featured Mukomuko

 

RBO  >>>   MUKOMUKO >>>   Kelompok Tani (Poktan) Lubuk Tebat dari Desa Ranah Karya, Kecamatan Lubuk Pinang beberapa hari yang lalu meminta bantuan racun hama padi kepada Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, dan permohonan bantuan tersebut telah dipenuhi oleh Distan Mukomuko. Sebagaimana disampaikan Kadis Pertanian, Heri Prasetyono, S.STP melalui Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtukultura, Wal Asri kemarin.

“Sebanyak 10 kg racun tikus merk Piton dan 10 liter racun keong mas telah kami salurkan kepada kelompok pemohon di Desa Ranah Karya,” ungkap Wal.

Bantuan racun hama tersebut cepat disalurkan kepada kelompok pemohon untuk mencegah tanaman padi milik anggota kelompok Lubuk Tebat diserang hama tikus dan keong mas.

Kelompok Tani Lubuk Tebat untuk selanjutnya secara swadaya melakukan peracunan terhadap hama yang menyerang tanaman padi dilahan sawah mereka.

Ditambahkannya, saat ini di wilayah areal persawahan Kecamatan Lubuk Pinang memang sedang memasuki musim tanam padi. Hama padi jenis tikus dan keong mas menyerang tanaman padi milik masyarakat setempat.

Lahan milik anggota kelompok tani Lubuk Tebat seluas 22 hektar juga diserang hama padi tersebut. Oleh sebab itu, pihak Poktan mengajukan proposal bantuan racun hama kepada Distan.

“Mudah-mudahan bantuan racun ini bisa mengurangi hama yang menyerang padi masyarakat, dan hasil panen bisa maksimal,” pungkasnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *