Kota Bengkulu dan Rejang Lebong MoU Wujudkan Pemerintahan yang Bahagia dan Religius

Ekonomi & Bisnis Featured Hukum & Kriminal Kota Bengkulu PEMERINTAHAN Rejang Lebong Sosial & Budaya

RBO, BENGKULU – Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman kerja sama untuk menyukseskan kebahagiaan masyarakat di kedua pemerintahan, Jumat (13/09) di Kantor Bupati Rejang Lebong. MoU ini bertujuan untuk mempercepat keberhasilan dan meningkatkan kerja sama kedua pemerintahan kota-kabupaten.

“Kalau kita kerja sendiri-sendiri akan memakan waktu lama dan meraba-raba program apa yang akan dibuat. Akan tetapi dengan bekerja sama, maka akan lebih mudah dan cepat dalam membangun suatu daerah,” kata Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

      Menurutnya, program Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang bagus mungkin dapat diserap oleh Kota Bengkulu. Begitupun sebaliknya, tujuannya untuk mempercepat kebahagiaan masyarakat. Ia menyontohkan kegiatan makan 1441 nampan nasi gratis seusai salat Jumat di Mesjid Agung At-Taqwa sudah berjalan lima Jumat di Kota Bengkulu yang bahan makanannya didapat dari menggerakkan OPD bekerja dengan mitra-mitra dapat diadopsi ke kabupaten tersebut.

      “Isi dari MoU ini diantaranya kedua pemerintah bersepakat mendorong masyarakat yang Religius dan Bahagia dengan indikator rumah ibadah yang makmur, yakni buka 24 jam dengan amalan agama masing-masing,” lanjut Helmi.

      Selanjutnya, di dalam perjanjian itu ia ingin kedua pemerintah saling mengunjungi untuk duduk bersama dengan melibatkan tingkat pemerintahan sekecil apapun. Seperti camat dan lurah untuk bersinergi satu sama lainnya.

      “Di bidang ekonomi kita bisa saling isi hasil bumi. Kalaulah Rejang Lebong bisa supply sayur mayur ke kota karena daerah pegunungan, maka Kota Bengkulu akan mengandalkan hasil lautannya untuk dikirim ke sini dengan ketentuan yang nanti kita buat bersama,” tambahnya.

      Sementara itu, Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi menyambut baik kedatangan pemkot untuk bersilaturahmi dan membuat MoU untuk mensinergikan program-program yang ada. “Saya dan adinda Helmi ini sudah seperti kakak adik. Tidak boleh putus kekeluargaan. Hari ini kami sepakat membangun kerjasama. Salah satu tujuannya adalah membangun kekuatan emosional antar dua pemerintahan ini,” ujar Hijazi.

Ia mengatakan, ada banyak program yang selama ini sukses dilaksanakan. Diantaranya pembangunan 15 mesjid per kecamatan dalam kurun waktu satu tahun, merekrut guru agama desa, dan lainnya.

      Tampak hadir dalam kegiatan ini Asisten II dan III Pemkab Rejang Lebong, Kadis DMPTSP, PBK, Bina Kesra, Kadis Kominfo, Humas, serta Camat Pemkab Rejang Lebong. Sedangkan turut mendampingi Walikota Bengkulu, Kadis Kominfosan, Kepala DPMPTSP, dan Kepala PBK.(ae3/rsm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *