PWI Bengkulu Tawarkan Diri jadi Tuan Rumah Porwarnas 2020

Featured Olahraga Pariwisata Pemda Provinsi PEMERINTAHAN

Gubernur akan Koordinasi KONI dan OPD

RBO, BENGKULU – Tahun 2020 mendatang, Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) harusnya digelar di Provinsi Papua. Namun kata Ketua Umum  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat, Atal Sembiring Depari kepada Ketua PWI Bengkulu, Zacky Antoni, tempat pelaksanaannya dimungkinkan akan dipindah. Ini mengingat beberapa peristiwa kerusuhan terjadi di tanah Papua tersebut dan dikhawatirkan soal keamanan para atlet wartawan  nantinya.

“Kemarin kita mendapatkan informasi ada kemungkinan Porwarnas itu digeser karena jaminan keamanan. Kemudian, faktor fasilitas yang sudah rusak. Sehingga spontan saya mengajukan ke PWI Pusat untuk melaksanakannya di Bengkulu saja. Karena kita menjadi tuan rumah Porwil nantinya,” terang Zacky kepada RADAR BENGKULU  Jumat (13/09) kemarin.

Meski Bengkulu berkeinginan mengambil alih menjadi tuan rumah Porwarnas mendatang, namun belum diputuskan PWI pusat. Karena masih ada provinsi lain yang juga mengajukan diri jadi tuan rumah. Seperti Jawa Timur, Kalimantan Selatan.

”Namun harapan saya sangat besar jika Provinsi Bengkulu dapat menjadi tuan rumah Porwarnas tahun 2020 mendatang. Paling tidak kita mengambil posisi ini. Apalagi ada respon positif dari Ketua Umum PWI yang datang langsung ke Bengkulu,” tambahnya.

Menurutnya jika Porwarnas berlangsung di Bengkulu, maka akan ada dampak positif besar. Selain promosi daerah, akan terjadi peningkatan ekonomi di Bengkulu. Pasalnya, event besar tersebut mendatangkan sebanyak 34 daerah se Indonesia.

“Sekarang begini, Porwil bisa mendatangkan 10 Provinsi. Namun jika kegiatan Porwanas dapat mendatangkan 34 Provinsi yang akan hadir, jika satu daerah mendatangkan seratus atlet dan official, maka akan ada 3.400 tamu yang akan dating. Maka bisa dibayangkan akan banyak uang yang beredar nantinya. Hotel akan penuh, penerbangan akan penuh. Sebenarnya ini spontan saja, namun ada informasi. Saya harap Pak Gubernur menangkap peluang ini. Karena selain promosi daerah, juga akan menarik peredaran keuangan yang ada di Provinsi Bengkulu. Maka perekonomian akan meningkat juga,” lanjutnya.

Terpisah, Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan, tawaran untuk Provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah Porwarnas ini adalah hal yang positif. Kendati demikian, hal ini harus dibicarakan dahulu dengan stakeholder terkait. Seperti KONI,  Dispora. Selain itu pada tahun 2020 mendatang juga akan digelar pemilihan Kepala Daerah, Gubernur serta Bupati.

“Ini masih pembahasan. Memang kita diberikan tawaran. Namun harus dilakukan rapat dahulu bersama stakeholder terkait. Terutama KONI, Dispora, KPU dan Bawaslu. Dikarenakan, kegiatan ini berlangsung pada tahun depan dan kita juga akan menggelar Pilkada,” ujarnya.

“Kita khawatir nanti, akan berbenturan dengan kegiatan Pilkada. Maka dari itu saya harus bicara dahulu dengan KPU dan Bawaslu. Sepanjang tidak mengganggu dan kita siap, mengapa tidak,” imbuhnya.

Direncanakan Bengkulu akan mengikuti 7 Cabang Olahraga. Tiga diantaranya menjadi unggulan. Yaitu bulu tangkis, tenis meja dan futsal. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *