Detik-Detik Jelang Penjaringan Cakada

Featured Pemda Provinsi PEMERINTAHAN Politik

RBO, BENGKULU – Sejumlah Partai Politik (Parpol) yang memiliki kursi di DPRD Provinsi Bengkulu masih menunggu petunjuk DPP, untuk membuka penjaringan Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah (Kada). Itu juga yang ditunggu Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu, Herliardo, S.Ag.

“Penjaringan Balon Kada, bukan hanya dilakukan tingkat Provinsi saja. Tapi juga Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang bakal menggelar Pilkada serentak tahun depan. Hanya saja untuk membuka penjaringan Balon Kada, kita masih harus menunggu petunjuk DPP,” ungkap Herliardo pada radarbengkuluonline.com, kemarin (14/9).

Sejauh ini, lanjut Herliardo, pihaknya belum bisa memastikan kapan petunjuk pembukaan penjaringan dari DPP. Jadi terkait masalah ini, pihaknya juga masih menunggu. “Dalam petunjuk DPP nanti, biasanya juga terdapat mekanisme dalam penjaringan Balon Kada. Sejauh ini memang sudah ada beberapa kandidat yang berniat maju, komunikasi dengan kita,” katanya.

Tak jauh berbeda juga disampaikan Ketua DPW PKS Provinsi, H. Sujono, SP, M.Si. Menurutnya, terkait penjaringan Balon Kada, pihaknya sudah pernah komunikasi dan konsultasi dengan DPP. “Hanya saja petunjuk untuk membuka proses penjaringan belum ada. Biasanya di PKS, petunjuk pembukaan penjaringan Balon Kada bersifat nasional. Dalam artian pembukaannya serentak pada daerah-daerah yang menggelar Pilkada serentak,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi, H. Suharto, MBA mengaku, beberapa waktu kedepan pihaknya bakal membuka penjaringan kandidat Balon Kada. Baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten di Provinsi Bengkulu ini. “Sementara ini kita tunggu dulu petunjuk dari DPP seperti apa. Jika nantinya sudah ada, baru penjaringan kita buka,” kata Suharto.

Begitu juga dengan NasDem seperti disampaikan oleh sekretaris DPW Hj. Erna Sari Dewi SE bahwa saat ini mereka belum membuka penjaringan Cakada, “Mungkin akhir tahun setelah kongres nanti baru kita akan membuka penjaringan,” singkatnya.

DPW Perindo Provinsi Bengkulu H. Yurman Hamedi S.Ip selaku pemilik dua kursi DPRD Provinsi mereka pasti akan ikut dalam Pilkada Gubernur mendatang, “Kita akan ikut dalam kompetisi Pilgub kali ini. Tetapi untuk penjaringan ataupun pembukaan pendaftaran, kita masih menunggu petunjuk dari DPP,” kata Yurman.

Adapun dari PKB Provinsi Bengkulu mereka memiliki empat kursi DPRD, lalu PKS tiga kursi, Gerindra enam kursi, NasDem lima kursi dan Perindo dua kursi. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *