Talang Denau Gelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Kades dan Perangkat Desa

Bengkulu Utara Desa Ekonomi & Bisnis Featured

RBO, ARGA MAKMUR – Untuk meningkatkan pelayanan aparat pemerintahan desa menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat, Pemerintah Desa Talang Denau, Kecamatan Kota Arga Makmur, melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengingkatan Kapasitas Perangkat desa, di Kantor Desa.

Pelatihan ini untuk meningkatkan tata kelola administrasi desa dengan pemberdayaan peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pelaksanaan pendataan Prodeskel.

Pantauan jurnalis dilapangan pelalatihan ini diikuti oleh Kades, Sekdes, 3 Kaur, 3 Kasi dan Kadun dilingkungan pemdes. Kesemunya merupakan Perangkat Desa di desa yang dipimpin Kades Juita Supandi tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, bertindak sebagai pemateri atau nara sumber pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Perangkat Desa Talang Denau ini ada l orang Sekretaris dari Dinas PMD BU, Drs. Ahmad Bastari MM, lalu Narasumber dari Kecamatan Kasi Trantib Firdaus.

Menurut Kades Talang Denau, Juita Supandi, adanya pelatihan dan penguatan kapasitas bagi perangkat desa tersebut, diharapkan para perangkat desa akan lebih mengetahui, memahami dan menyadari serta akan lebih bertanggung jawab terhadap tugas-tugas pokok mereka sesuai dengan fungsi masing-masing perangkat desa. “Bila diketahui dan dipahami siapa mengerjakan apa, maka semua tugas – tugas dilingkungan Pemdes akan dapat berjalan secara baik dan terintegrasi satu sama lainnya,” kata Juita Supandi.

Dilanjutkan Kades, jajaran Pemdes Talang Denau merupakan satu kesatuan namun tentu mempunyai tugas pokok dan fungsi masing sesuai regulasi yang ada. “Bagi setiap perangkat desa dalam struktur perangkat desa dapat berkerja dengan maksimal,” kata dia.

Sebab bila pemdesnya kuat, kompak dan ikhlas dalam melayani warga tanpa tebang pilih, maka kemajuan desa akan tercapai. “Pemerintahan desa yang kuat transparan dan akuntabel adalah komitmen saya sejak menetapkan niat mengabdi sebagai Kades di Desa Talang Denau tercinta ini, bisa berjalan maksimal,” ujar Juita Supandi (bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *