Mesjid Baiturrahim Bajak Sudah Buka 24 Jam

Featured Kota Bengkulu

Juga Siap Terima Tamu Menginap

RBO  >>>   BENGKULU   >>>    Program Buka Mesjid 24 Jam yang telah diluncurkan Walikota Bengkulu, Helmi Hasan direspon langsung oleh pengurus Mesjid Baiturrahim yang terletak di Jln Sentot Alibasya No 1 Kelurahan Bajak. Mesjid ini telah melaksanakan program mesjid bukan 24 jam yang dibuat oleh Walikota Helmi Hasan tersebut.
Ketua BKM Mesjid Baiturahim, Drs. H. Hilman Puadi. MM menjelaskan, Masjid Baiturrahim ini telah menjalankan program mesjid buka 24 jam yang dilaunchin Walikota Helmi Hasan sejak bulan Juli yang lalu.

‘’Ketika SK dari Walikota Helmi Hasan keluar, kami langsung buat spanduk. Sesudah buat spanduk, kami langsung sosialisasikan dengan jemaah. Alhamdulillah, jemaah sudah merespon. Selanjutnya kita mulai membuat jadwal sesuai dengan surat edaran dari Walikota Helmi Hasan. Alhamdulillah, kita dari Mesjid Baiturrahim dibantu oleh pemerintah, dua orang Satpol PP untuk membantu keamanan program masjid buka 24 jam ini,’’ jelasnya kepada RADAR BENGKULU kemarin.

Program ini, lanjutnya, sangat baik. Pihak pengurus dan jamaah sangat mendukungnya. Masyarakat juga cukup baik mendukung, merespon. Terutama warga Kelurahan Bajak. ‘’Semejak adanya program ini, masjid yang biasanya tidak ramai menjadi ramai. Kita juga kasih inovasi-inovasi supaya jemaah betah di masjid. Kemudian juga kita melaksanakan program RT memanggil.’’

Di Kelurahan Bajak ini ada 9 RT. Setiap RT itu mengutus warganya untuk melaksanakan azan di mesjid. Misalnya azan magribnya dari RT 1. Nanti saat salat isya, azannya dari RT 2 dan seterusnya.  ‘’Jadi, kita terjadwal. Dan alhamduillah, setiap RT ikut berpartisipasi. Sehingga masjid kita alhamdulillah ramai dengan adanya keterlibatan untuk segala RT kita di Kelurahan Bajak,” ucapnya.

Kegiatan – kegiatan seperti biasa salat berjemaah, ada pengajian remaja mau pun jemaah. Pengajian ini yang rutin kita laksanakan pengajian minggu subuh. ‘’Setiap minggu kita siap kan kosumsinya. Itu kita siap kan makanan dan minumnya. Kemudian untuk pengajian malamnya rutin seperti pengajian magrib mengaji yang dilaksanakan oleh ibu-ibu setiap selesai salat magrib secara bersama-sama. Selesai sampai isya.”

Sedangkan mengenai jemaahnya, alhamdulillah ada orang tua, remaja,dan anak-anak. Mesjid ini juga menerima juga tamu-tamu dari luar. Misalnya, ada yang mau itikaf. ‘’Kemarin kita ada kedatangan tamu dari anak muda dari organisasi pemuda berhijrah. Mereka selama 3 hari melaksanakan itikaf di Mesjid Baiturrahim. Kemudian juga kita mengadakan pelatihan khusus dakwah untuk Risma Mesjid Baiturrahim. Jadi, Risma nanti berlatih belajar muhadaroh, ceramah, khotbah, menyampaikan hadis, berpidato, agar mereka berani naik mimbar melatih mereka untuk berani,’’ bebernya.

Untuk kedepannya lagi, sesuai surat Edaran terbaru dari Walikota Helmi Hasan, mesjid juga melayani tamu yang akan menginap di mesjid. ‘’Jadi, kami siap melayani tamu-tamu yang datang ke masjid kami. Alhamdulilah di mesjid kami banyak yang bersedekah makanan minuman, kue-kue. Itu lah respon masyarakat Bajak ini. Mereka sangat antusias sekali. Itu kita tampung semua. Alhamdulillah ada yang kasih nasik uduk dan makanan lainnya.’’ (mg 5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *