Peringatan HSN 2019 Dirancang Meriah

Featured Sosial & Budaya

RBO, BENTENG – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang akan jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019 mendatang.

Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah mengadakan rapat pertemuan guna membahas persiapan untuk peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Dr.Rusman Saleh, M.Pd selaku Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah memimpin rapat tersebut.

Rapat ini berlangsung di ruang Kasubbag TU Kemenag Benteng, adapun para peserta rapat yang hadir ialah perwakilan pondok pesantren.

Rusman mengungkapkan tujuan rapat ini untuk membahas tentang persiapan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019.

“Dengan agenda rapat pembahasan peringatan Hari Santri Nasional agar pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala,” terangnya.

Sementara itu, penetapan Hari Santri Nasional ditetapkan atas dasar jasa para ulama bersama para santrinya berjuang membela Negara dari ancaman penjajah.

“Ulama Nusantara sangat jelas perannya dalam merencanakan dan memperjuangkan kemerdekaan. Namun lebih dari tujuh puluh tahun kemerdekaan Bangsa Indonesia, ulama seakan tidak dianggap sebagai pejuang kemerdekaan maka ketika Presiden memberikan hadiah dengan adanya “Hari Santri“ ini, maka semakin nyata bahwa jasa ulama sangat besar bagi Indonesia,” tegas Rusman.

Sementara itu, salahseorang perwakilan Ponpes yang ikut rapat mengungkapkan, melalui peringatan Hari Santri Nasional mari tunjukkan bahwa anak santri tidak terkesan ekstrim di mata masyarakat.

Dimasa lalu para santri tidak bisa dilepaskan dari upaya kemerdekaan Indonesia. Melalui peringatan Hari Santri ini buang kesan bahwa Ponpes hanya tempat menampung untuk anak nakal ditengah keluarga dan masyarakat.

Karena lembaga ini diciptakan untuk mendidik anak yang bernilai mulia dimata Tuhan melalui keimanan dan ketaqwaaan.  Adapun tema Hari Santri Nasional tahun ini adalah “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia” nantinya upacara tersebut melibatkan seluruh santri se-Kabupaten Bengkulu Tengah. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *