Nelayan Gunakan Online, Cari Ikan Banyak Gampang

Ekonomi & Bisnis Featured

Aspomar Pantau Potensi Laut Bengkulu

RBO, BENGKULU – Asisten Potensi Maritim Kasal, Mayor Jenderal TNI Bambang Suswantono SH MH yang  mendatangi Kota  Bengkulu kemarin Rabu (16/10) yang didampingi Dan Lanal Bengkulu Letkol Laut (P) Andri Wahyu Sudrajat ST. Kedatangan Mayjen Bambang ini untuk bertatap muka dengan masyarakat nelayan tradisional di Pusat Pelelangan Ikan Pulau Baai, Bengkulu.

Mayjend Bambang Suswantono menjelaskan, kunjungan tersebut dalam rangka melihat potensi maritim di wilayah Bengkulu. Pasalnya Indonesia memiliki kekayaan luar biasa dengan memiliki pulau terbesar di dunia dengan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Selain itu Bambang Suswantoto juga menyampaikan, nelayan tidak lagi bersusah payah untuk mencari ikan di laut lantaran pihaknya telah mempunyai aplikasi fish on yang terhubung dengan satelit yang nantinya akan diberikan kepada nelayan. Penggunaan aplikasi ini akan menghemat biaya para nelayan dengan mendapatkan hasil tangkapan ikan sebanyak banyaknya di laut.

“Kita sengaja datang ke Bengkulu untuk mengecek potensi maritim,” terangnya. Selain itu disampaikan oleh Bambang, saat ini ada program pemerintah pusat yang bernama Fish on merupakan aplikasi online dengan menggunakan smart phone untuk para nelayan. Dengan hal itu maka para nelayan dapat mengetahui potensi ikan yang ada di lautan Bengkulu. Yang nantinya akan berhubungan jaringan dengan satelit yang ada oleh pihak pemerintah pusat.

“Kita juga memberikan kemudahan kepada para nelayan untuk mencari ikan menggunakan fish one. Jadi nelayan tidak usah bersusah payah dengan menghabiskan banyak biaya dalam mencari ikan. Cukup dengan alat ini kita bisa mendeteksi keberadaan ikan di laut,” tambahnya.   Dalam kegiatan ini pula ada pemberian bantuan berupa 50 unit life jacket kepada para nelayan yang diserahkan secara langsung oleh Mayor Jendral TNI (MAR) Bambang Suswantono.

Diharapkan bantuan seperti ini dapat bermanfaat bagi para nelayan dan dapat meningkatkan produktivitas tangkapan ikan.(Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *