Wujudkan Data Valid, Pemkot Bengkulu Lakukan FGD Penyelarasan Data Statistik

Featured Kota Bengkulu

RBO  >>>  BENGKULU  >>>  Guna mewujudkan data statistik sektoral yang valid, Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Statistik Kota Bengkulu menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyelarasan Data Statistik Sosial, Produksi dan Distribusi di Hotel Rafles City, Rabu (23/10/).

Walikota Bengkulu Helmi Hasan yang diwakili Asisten III Setda Kota Bengkulu, M. Husni yang membuka FGD ini menyampaikan, dalam penyusunan perencanaan pembangunan terkadang ada beberapa kendala. Seperti data yang disampaikan tidak valid.

“Untuk itu, pada kesempatan ini kami mengiimbau pada semua peserta di FGD menyerahkan dan membahas data-data yang lengkap guna penyusunan pelaksanaan pembangunan kedepannya,” kata M. Husni.

Ia juga mengimbau kepada seluruh peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir betul-betul menyajikan data yang terbaru. “Sajikan data yang valid dan terbaru. Karena pada saat penyusunan laporan pelaksanaan pemerintahan ada beberapa OPD yang masih menyajikan data 3 tahun yang lalu. Padahal, pada dasarnya data itu wajib diupdate setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan,” imbaunya.

Ia juga menyampaikan, ketidakvalidan data terkait erat dengan pelaksanaan proses pembangunan. Karena itu dalam setiap penyusunan perencanaan pembangunan kevalidan data merupakan bahan utama yang menentukan program dan keberhasilan dari program itu.

“Pemerintah menyadari betapa pentingnya peran data dalam setiap kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah. Sehingga, sangat dibutuhkan tersusun dengan baik data data tersebut. Dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan data yang dihasilkan itu harus benar- benar akurat, mutakhir, terpadu dan akuntabel,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Statistik Kota Bengkulu, Ahadin menyampaikan, FGD ini diikuti 40 peserta. Mereka ini terdiri dari perwakilan 25 orang OPD, 6 orang dari Universitas Bengkulu, dan 9 orang dari Dinas Statistik. FGD ini ditutup siang hari oleh Staf Ahli Walikota, Matriyani Amran.(ae3/rsm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *