Porwil –X Dibuka Menpora Malam Ini, Kempo Bengkulu Sudah Raih Emas

Featured Nasional

Dihadiri Ribuan Undangan, Sajikan Hiburan Menarik

RBO  >>>   BENGKULU  >>>  Kemeriahan pembukaan Pekan Olahraga Wilayah Sumatera ke-10 akan berlangsung secara serimonial di Stadion Sawah Lebar Kota Bengkulu pada Sabtu malam (2/11) ini pukul 19.00. Pembukaan Porwil tersebut dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Dr H Zainudin Amali dan didampingi para Kepala Daerah se Sumatera. Istimewanya, tuan Rumah Bengkulu sudah meraih medali emas dari Kempo, kemarin.
Dalam prosesi opening ceremony nantinya akan menggelar tampilan parade tari Sumatera. Seperti, Syair Rodok, Tarian Seudati, Tarian Randai, Tarian Tor Tor serta tabuhan musik daerah Dhol yang melibatkan ratusan penggiat seni di Provinsi Bengkulu. Selain itu nantinya akan dilakukan pengibaran bendera Porwil yang
dibawa sebanyak 6 mantan atlet berprestasi nasional dari berbagai cabang olahraga. Taburan gemerlap kembang api akan memeriahkan bersama tiga artis nasional. Yaitu  Citra Scholastika, Nirwana Liga Dangdut Indonesia dan Vierzha.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemda Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman, S.Ag, MM mengatakan, nantinya api sakral obor Porwil dibawa keliling dalam Kota Bengkulu menandakan dimulainya pertandingan.

“Sekarang (kemarin) sudah memasuki perbatasan Kota. Selanjutnya diarak sore nanti akan tiba di Balai Semarak akan dititip disana. Tadi malam juga dilakukan gala dinner. Kemudian pembukaan bazar pusat kuliner di Stadion Sawah Lebar juga sudah dilakukan kemarin.”

Kemarin juga dilakukan gladi bersih dalam pelaksanaan opening seremonial untuk nanti malam. Seperti persiapan penerangan hingga sound sistem sudah dimantapkan. Selain itu pembukaan nantinya akan dimeriahkan oleh kembang api serta artis nasional.

Menurut Atisar, nantinya masyarakat umum pun dapat menyaksikan kemeriahan malam seremonial pembukaan porwil tersebut. Akan diberikan fasilitas berupa layar videotron besar di luar Stadion, jika masyarakat tidak dapat masuk ke dalam. Kemudian akan ada sebanyak ribuan orang undangan di bagian tribun Stadion tersebut. “Jika memang tidak bisa masuk nanti masyarakat disiapkan berupa videotron led yang besar. Disana bisa menyaksikan kemeriahan pembukaan nantinya,” lanjutnya.

Sementara itu untuk kepastian kedatangan seluruh Gubernur se Sumatera belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Panitia Besar Porwil. Namun kendati demikian dipastikan dibuka oleh Menpora serta dihadiri oleh Ketua Umum KONI Pusat.

“Sementara itu untuk kepastian akan dihadiri oleh Menpora, untuk beberapa Gubernur belum dapat dipastikan. Namun beberapa Ketua DPRD se Sumatera serta Wakil Gubernur akan menghadiri hajatan tersebut,” tambahnya.

Pihaknya pun meminta doa restu terhadap seluruh masyarakat serta pihak terkait yang terlibat dalam kegiatan besar ini. “Kita memohon doa seluruh masyarakat agar pelaksanaan berjalan dengan lancar. Karena ini pertama kali kita sebagai tuan rumah, dimana nantinya akan dilangsungkan kembali selama 40 tahun kedepan,” imbuhnya.

Terpisah, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman MH terkait pengamanan pesta olahraga nasional tersebut mengatakan, seluruh jajaran personel akan dikerahkan yang berada di sentral Stadion Sawah Lebar Kota Bengkulu. Ada ribuan personel gabungan mengamankan acara pada Sabtu malam itu nantinya.

“Nantinya untuk sentral berada di Stadion Bengkulu, anggota Polri saja sekitar 600 orang lebih. Belum lagi jajaran lainnya. Ini bisa mencapai ribuan. Kita berdoa semoga lancar,” ujarnya.

Kapolda berharap jalur lalu lintas tidak akan mengganggu. Kendati demikian jika dimungkinkan maka akan diberlakukan satu jalur bagi para pengendara. “Kita lihat kondisi yang ada nanti, jika harus ditutup jalan, maka kita alihkan arus. Namun saya berharap jalur lalu lintas tidak ditutup. Palingan menghambat sedikit. Kalau memang ditutup, maka kita akan lakukan rekayasa lalulintas. Kita lihat situasi, baru tahu itu pada sebelum satu jam dimulai,” tambahnya.

Kapolda berharap agar seluruh masyarakat dapat menyukseskan perhelatan besar tersebut. Ia pun meminta agar menjaga keamanan dengan kondusif.
“Mari hadiri kegiatan ini. Harapan saya banyak yang datang dari masyarakat umum. Karena ini pesta olahraga nasional. Kapan lagi Bengkulu menjadi tuan rumah. Namun diharapkan jaga keamanan agar kondusif,” imbuhnya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *