Rejang Lebong Masih Kekurangan Guru PNS

Featured Rejang Lebong

RBO  >>>   CURUP  >>>   Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mencatat baru 27 sekolah di Kabupaten Rejang Lebong memiliki jumlah ideal guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat ini mereka terus berupaya memenuhi jumlah ideal guru PNS di masing-masing sekolah, baik itu untuk guru SMP maupun ditingkat SD.

Kepala Dikbud RL, Drs. Noprianto, MM melalui Kabid Pembinaan Ketenagaan Erwan Suganda, SH mengatakan, total jumlah SD dan SMP Negeri di Kabupaten Rejang Lebong yaitu 216 sekolah. Dari jumlah tersebut baru 27 sekolah yang memiliki Standar Pelayanan minimal guru PNS. Dan masih ada 187 sekolah yang dinilai belum ideal guru yang berstatus PNS.

“Metode penghitungan jumlah ideal guru itu sendiri dalam satu sekolah berdasarkan rombongan belajar serta kebutuhan mata pelajaran. Tahun depan kita akan upayakan pemenuhan jumlah ideal guru PNS di setiap sekolah,”ungkapnya.

Ditambahkan, saat ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan mengusulkan metode Standar Pelayanan Minimal berdasarkan zonasi atau domisili. Serta menyesuaikan dan memenuhi porsi guru. Baik soal kompetensi, kuantitas maupun kualitas guru di seluruh sekolah.

“Kita juga akan berupaya mengoptimalkan proses dan mutu kegiatan belajar mengajar. Salah satunya dengan mendorong terbentuknya kelompok-kelompok diskusi guru mata pelajaran di SD maupun SMP.”(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *