Kebakaran Lahan Gambut Nyaris Melalap PAUD

Featured Mukomuko

RBO, MUKOMUKO – PAUD Al-Kausar yang beralamat di Kelurahan Bandaratu, Kecamatan Kota Mukomuko nyaris terbakar. Pasalnya, api dari kebakaran lahan gambut yang berada tepat di samping PAUD tersebut terbakar.

Pada Selasa pagi (5/11) sekitar pukul 10.00 WIB, saat aktivitas belajar mengajar berlangsung, api sempat membesar membakar semak – semak yang berjarak sekitar satu meter dari lingkungan PAUD. Beruntung petugas Pemadam Kebakaran berhasil mengendalikan api yang mengganas itu.

Peristiwa ini dibenarkan Plh Kabid Damkar, Dinas Satpol-PP dan Damkar Kabupaten Mukomuko, Heri Afian Efendi, ST, MT ketika dikonfirmasi RADAR BENGKULU kemarin (5/11). Katanya, kebakaran lahan di Kelurahan Bandaratu itu sudah terjadi sejak Senin (4/11) lalu.

“Sore Senin itu, sekitar jam 15.30 WIB kami menerima laporan ada kebakaran lahan. Kami langsung menerjunkan dua unit mobil Damkar untuk memadamkannya. Kemarin itu (Senin) pemadaman sampai Magrib,” terang Heri.

Pada saat pemadaman hari Senin, api sudah mulai mengecil. Akan tetapi, Selasa pagi api kembali membesar dan terus meluas. “Karena yang terbakar lahan gambut, memang susah dipadamkan,” sebutnya.

Kata Heri, pada Selasa sore, api sudah bisa dikendalikan. Masih banyak titik-titik asap yang keluar dari lahan seluas kurang lebih 1 hektar. “Kalau api sudah terkendali, Insya Allah tidak akan merambat ke lokasi PAUD atau pemukiman lagi. Tapi memang masih ada titik asap. Kami masih berusaha untuk memadamkan api sampai padam total,” katanya.

Pada saat dikonfirmasi, Heri mengatakan, pihaknya belum mengatongi nama pemilik lahan. Sementara penyebab kebakaran, diduga kuat sengaja dibakar.

“Kalau infonya, pemilik lahan masih warga Kota Mukomuko. Tapi saat ini kami belum tahu pasti siapa pemilik lahan,” pungkasnya. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *