11 Universitas se-Sumatera Ikuti Lomba KTIM di Unib

Featured Pemda Provinsi Pendidikan

RBO, BENGKULU – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Sosiologi, Universitas Bengkulu (Unib) akan mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa se-Sumatera (LKTIM) tahun 2019. Temanya, ‘’tantangan dan solusi inovatif dalam memecahkan permasalahan bangsa, guna mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur’’.  Kegiatan tersebut digelar pada tanggal 14 November mendatang. Peserta yang mengikuti lomba, mahasiswa jenjang D3/S1 dari berbagai universitas dari wilayah Sumatera, untuk menuangkan ide dan gagasannya.

“Kegiatan LKTIM 2019, merupakan program kerja Jurusan Sosiologi bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS). Kami berharap, kegiatan ini dapat terselenggara dengan sukses dan meriah,” ujar Ketua Pelaksana, Ika Pasca Himawati, S.Sos, MA kepada radarbengkuluonline.com, via seluler, kemarin.

Dijelaskannya, untuk sub tema karya ilmiah, terdiri dari, sosial budaya, sains dan teknologi, pendidikan, ekonomi, pariwisata, bencana, politik dan hukum. Dirinya juga melihat, permasalahan-permasalahan yang dialami bangsa Indonesia, walaupun memiliki keragaman suku, ras dan bangsa serta bahasa. Namun, Indonesia juga bangsa yang terkenal dengan kekayaan alam yang melimpah, sehingga Indonesia sangat dikenal oleh dunia akan keindahan alamnya itu.

“Tapi, di balik itu semua, tentunya banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh bangsa kita, dalam memberdayakan masyarakat yang sejahtera secara ekonomi dan sosial untuk mewujudkan Indonesia adil dan makmur,” terangnya.

Sebanyak 22 karya ilmiah yang sudah dikirim, dari berbagai Universitas di Sumatera, seperti, Universitas Teuku Umar Aceh, Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya, Universitas Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Bangka Belitung, Universitas Dr Hazairin Bengkulu (Unihaz), IAIN Bengkulu, dan Akademi Sabta Bakti, akan diseleksi oleh juri yang sudah ditunjuk. “Nantinya akan ada 10 karya ilmiah yang akan masuk ke finalnya,” tuturnya.

Untuk waktu dan tempat pendaftaran, tahap pendaftaran gelombang 1, 10 September sampai 5 Oktober 2019, gelombang ke 2, 6 sampai 31 Oktober 2019, tahap pengumuman finalis, 5 November 2019, technical meeting, 12 November 2019, presentase karya tulisan ilmiah, 13 November 2019 dan field trip, 14 November 2019. “Jadilah yang terbaik, dengan tulisan karya ilmiah yang berkualitas,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *