Bawaslu Segera Rekrut Panwascam

Featured Politik

Parsadaan Harahap : Untuk Awasi Pilkada Serentak 2020

RBO, BENGKULU – Dalam waktu dekat ini Bawaslu Provinsi Bengkulu akan melakukan perekrutan calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk mengawasi pelaksanaan mulai dari tahapan Pilkada serentak tahun 2020. Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap SP, M.Si mengungkapkan, saat ini sudah memasuki tahap dari perekrutan Panwascam. Dimana menurutnya dari tanggal 6 November hingga tanggal 12 November adalah masa tahapan sosialisasi.

“Saat ini sudah masuk tahapan sosialisasi perekrutan Panwascam. Kemudian pengumuman akan kita laksanakan pada tanggal 13 sampai 26 November mendatang,” ungkap Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu tersebut, kemarin (11/11).

Dijelaskan Parsadaan, untuk tahap pendaftaran sendiri akan dilaksanakan mulai tanggal 27 November hingga tanggal 3 Desember mendatang. Selanjutnya yaitu penelitian kelengkapan berkas yang akan mereka laksanakan pada tanggl 5 Desember mendatang. Dengan leading sektor Bawaslu kabupaten yang melaksanakan pilkada serentak.

“Jadi, leading sektornya di Bawaslu Kabupaten yang melakukan rekrutmen. Untuk rekrutmen dalam satu kecamatan akan 3 orang yang diterima,” jelas Parsa.

Artinya, lanjut Parsa, akan ada 108 kecamatan di 8 kabupaten di Provinsi Bengkulu yang akan menerima panwascam sebanyak 324 orang. Hanya 8 Kabupaten yang melakukan penerimaan panwascam lantaran Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu tidak melaksanakan pilkada serentak pada 2020 mendatang.

Masih dalam tahapan perekrutan Panwascam sendiri, pihaknya akan melakukan perpanjangan waktu penerimaan berkas yang akan mereka laksanakan pada tanggal 6 sampai 10 Desember mendatang. Perpanjangan waktu penerimaan berkas tersebut juga bersamaan dengan penelitian administrasi berkas pendaftaran yang dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 11 Desember. Sedangkan untuk pengumuman hasil penelitian administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 15 Desember.

“Dalam perekrutan Panwascam ini, kita juga akan meminta tanggapan dan masukan masyarakat yang akan kita laksanakan dari tanggal 12 sampai 15 Desember,” paparnya.

Setelah itu, tahapan yang akan dilaksanakan yaitu tes tertulis dan tes wawancara dilakukan pada tanggal 13 hingga 17 Desember 2019, dan pengumunan hasil tes dilakukan pada 18 Desember 2019. “Setelah semua tahapan selesai, maka kita rencananya akan melaksanakan pelantikan Panwascam pada tanggal 20 atau 21 Desember mendatang,”terang Parsadaan. Panwascam yang terpilih nantinya akan mendapat kontrak kerja baru selama 12 bulan sejak dilantik. Untuk honor Panwascam sendiri, ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu yang besarannya mengalami peningkatan dari sebelumnya.(idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *