12 Finalis LKTI se- Sumatera Paparkan Hasil Penelitian

Featured Pendidikan

RBO, BENGKULU – 12  finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) se- Sumatera 2019 yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Jurusan Sosiologi Universitas Bengkulu (Unib),  kemarin, telah memaparkan hasil penelitian dan pengkajian karya tulisnya dihadapan empat juri berkompeten dalam bidang tersebut. Tidak heran, mahasiswa yang memaparkan hasil karya ilmiahnya masih tampak grogi. Namun mereka semua patut diacungi jempol, telah berhasil melangkah ke 12 besar, mengalahkan karya tulis ilmiah lainnya dari berbagai Universitas ternama di Sumatera.

Amek/RBO: Penabuhan Dhol sebagai penanda penilaian LKTI dimulai

“LKTI ini, baru perdana digelar jurusan Sosiologi pesertanya tingkat Sumatera. 22 naskah yang mengirim untuk mengikuti LKTI, hanya 12 naskah yang lolos ke final pada hari ini (Rabu-red),” ujar Koordinator Kegiatan, Ika Pasca Himawati, MA pada radarbengkuluonline.com, kemarin.

Dari 12 finalis tersebut, nantinya akan diambil tiga finalis juara se-Sumatera. Hari ini, tiga finalis itu akan melakukan Field Trip. 12 Universitas yang lolos ke final itu, Universitas Aceh Teuku Umar, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Riau, Universitas Negeri Sriwijaya dan Unib. “Itu yang lolos ke 12 besar. Untuk universitas yang tidak lolos, Universitas Bangka Belitung, IAIN Bengkulu, Unihaz Bengkulu dan lain-lain,” terangnya.

Diungkapnya, dari 22 naskah yang dikirim, rata-rata membahas tentang sosial budaya, sains dan teknologi. Sedangkan untuk tindaklanjut dari hasil karya ilmiah tersebut, diharapkan mempunyai kontribusi dan bisa direalisasikan. “Keempat juri yang menilai para peserta, dari Ketua Jurusan Sosiologi, Drs. Heri Sunaryanto, Ph.D, Pakar Gender, Dr. Titiek Kartika, MA, Fakultas Pertanian, Ir. Sigit Sugiarto, MSAE, dan Dr. Gumono, M.Pd,” ungkapnya.

Antusis peserta yang mendaftar, tenyata melebihi target dari pihak penyelenggara. Pendaftaran dibuka hampir dua bulan, sebenarnya lebih dari 22 naskah. Ika juga mengapresiasi peran para alumni Sosiologi, turut andil dalam menyukseskan kegiatan tersebut. “Mudah-mudahan, kegiatan ini akan rutin digelar setiap tahunnya,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *