Sadei Talang Danau Mulai Kerjakan Realisasi APBDes Tahap III

Bengkulu Utara Featured

RBO, ARGA MAKMUR – Desa Talang Denau, Kecamatan Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melaksanakan pembangunan dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap III atau tahap terakhir pada tahun anggaran 2019 ini. Adapun anggaran yang dialokasikan untuk DD tahap III ini mencapai Rp 290.252.000.-

Hal ini diakui oleh Kepala Desa Talang Denau, Juwita Supandi kepada Radar Bengkulu. Disampaikan Kades adapun item yang akan dibangun DD tahap III ini antara lain pembukaan badan jalan dan rabat beton.

Kades Talang Denau, Juwita Supandi mengatakan untuk rabat beton dibangun sepanjang 420 meter yang berlokasi di dusun II. Sedangkan untuk pembukaan badan jalan sepanjang 1.400 meter di dusun 1 dan 2.

“Pembangunan ini kita laksanakan untuk kepentingan masyarakat dalam hal perbaikan dan pembukaan jalan infrastruktur, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai jalan menuju lahan perkebunan mereka. Mengingat selama ini jalan yang digunakan masih berupa jalan tanah. Sedangkan untuk anggaran selebihnya dari segi pemberdayaan akan digunakan untuk pembayaran tunjangan guru PAUD, tokoh adat, tokoh agama dan guru ngaji,” kata kades.

Untuk teknisnya, pembangunan rabat beton secara swakelola dan untuk pembukaan badan jalan, akan melibatkan pihak ke 3.

“Karena memang tidak bisa secara swadaya. Mengingat dalam pembukaan badan jalan ini akan kita bangun pelapis tebing dan gorong-gorong. Yang jelas semua kita laksanakan sesuai dengan aturan yang ada. Untuk dana tunjanganpun sudah kita serahkan ke bendahara sebagai wujud transparansi desa,” ujar kades bersemangat.

Rapat pra kegiatan dan titik nol pembangunan desa melalui Dana desa (DD) tahap III tahun 2019, Camat Kota Arga Makmur, Jhon Kenedi S. Sos memberikan apresiasi kepada Desa Talang Denau. Karena dengan cepat dan sigapnya mengajukan anggaran DD tahap III hingga bisa dilaksanakan pembangunan untuk desa.

“Beginilah yang kita harapkan. Karena memang di Arga Makmur ini masih banyak desa yang belum melaksanakan proses pembangunan tahap III. Posisinya masih dalam proses pengajuan dan sebagainya. Namun saya harapkan untuk tetap dilaksanakan semaksimal mungkin dan sesuai dengan aturan yang ada. Tetap jalin komunikasi dengan pihak aparat melalui babhinkamtibmas sehingga pelaksanaan pembangunan tetap terarah, ” ujar dia. (bri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *