Siaga Bencana Menjelang Perubahan Musim

Featured Rejang Lebong

RBO  >>>  CURUP  >>>   Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) minta warga siaga bencana menjelang perubahan musim. Menurut Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki bencana alam yang berkemungkinan terjadi saat perubahan cuaca ialah angin puting beliung, tanah longsor banjir dan lain sebagainya. “Kita harap warga berhati-hati, karena perubahan musim ini, biasanya akan diiringi dengan datangnya banjir, longsor dan angin puting beliung,”kata Basuki kepada RADAR BENGKULU kemarin.

Selain itu, pihaknya sudah menyiagakan personel Pusdal Ops untuk penanggulangan bencana, peralatan. Baik itu berupa alat berat, perahu karet maupun  logistik untuk korban bencana alam.

Musim hujan di wilayah Rejang Lebong diperkirakan akan tiba pada pertengahan sampai akhir November mendatang. Prediksi ini mundur dari perkiraan semula pada pertengahan Oktober. “Kami sudah konfirmasi dengan BMKG Provinsi Bengkulu. Kendati musim hujan belum turun di wilayah kita, namun tidak ada lahan atau hutan yang terbakar. Dan yang ada hanya kebakaran di pemukiman warga yang diduga akibat hubungan arus pendek listrik,”jelasnya.

Berdasarkan informasi dari BMKG, mundurnya musim hujan itu kemungkinan akibat pengaruh pemanasan global. Dimana pada Juli 2019 lalu suhu panas yang melanda tanah air tercatat paling panas selama 100 tahun belakangan ini.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *