Dikepung Asap, Warga Terancam Kena  ISPA

Bengkulu Tengah Featured Lingkungan

RBO, BENTENG – Kebakaran lahan gambut di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Benteng  semakin meluas, hingga mencapai puluhan hektar.  Kondisi itu mengakibatkan kualitas udara menurun, terutama pada siang dan sore hari.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Benteng, Samsul Bahri menjelaskan, api masih menimbulkan asap putih tebal, yang membuat BPBD Kabupaten Benteng menetapkan kebakaran lahan dengan status darurat. “Kedalaman api sekitar 2-5 meter di bawah permukaan lahan. Suhu udara di sekitar lokasi kebakaran terasa sangat panas,” terangnya.

 Sementara itu, api yang melalap lahan gambut kering hampir mendekati lahan pemukiman warga, berjarak sekitar 205 meter menuju rumah warga Desa Sri Kuncoro. “Alat berat dari Dinas PUPR Provinsi dan Dinas PUPR Benteng dikerahkan untuk membuat siring pembatas agar api tak bisa menjangkau pemukiman warga,” terangnya.

Ditambahkan, BPBD, Dinas Sosial serta Dinas Pemadam Kebakaran Benteng telah memasang tenda atau pos jaga. Sejumlah personel juga diterjunkan untuk membantu memadamkan api. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *