Tahapan Pilkada Kepahiang Dimulai

Featured Kepahiang

RBO  >>>   KEPAHIANG  >>>  Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang menyatakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dimulai. Sosialisasi tahapan diawali dengan melaunching maskot Sikola dan memukul kentongan bambu.

            Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto, S.Sos mengatakan, tahapan Pilkada di Kabupaten Kepahiang dilakukan sesuai dengan regulasi yang ada. Mulai dari penyerahan KTP dukungan jalur perseorangan dan pendaftaran nama calon. “Hari ini (Sabtu kemarin red) kami menyatakan tahapan Pilkada resmi dimulai. Semua proses tahapan, mulai dari sosialisasi, verifikasi berkas, penetapan nama calon dan lain sebagainya,”terangnya.

            Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kepahiang untuk ikut berpartisipasi dalam tahapan Pilkada serentak 2020 mendatang. “Penyelenggara Pilkada bukan hanya ada di KPU dan Bawaslu. Tetapi keterlibatan masyarakat juga penting. Seperti menggunakan hak pilih, dan pengawasan dalam tahapan Pilkada ini,”imbuhnya.

            Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, S.Ag juga menerangkan, untuk menyukseskan Pilkada serentak ini, KPU dan Bawaslu harus bersinergi. Saat ini KPU Kabupaten Kepahiang termasuk Kabupaten tercepat melakukan launching mulainya tahapan Pilkada. “Pemilu serentak 17 April lalu, di Kabupaten Kepahiang ada Pemungutan Suara Ulang (PSU). Kita harap, dalam Pilkada ini, semua proses tahapan bisa berjalan dengan baik, dan bisa menetapkan kepala daerah sesuai dengan pilihan rakyat,”terangnya.

            Ditambahkan, sebagai penyelenggara Pilkada yang perlu diperhatikan yaitu, rekap hasil harus dengan teliti, bekerja dengan rapi dan disiplin. “Jangan sampai salah rekap, hingga hasil Pilkada menjadi perdebatan. Dan yang paling penting, masyarakat harus menjaga persatuan dan kesatuan, keutuhan. Jangan sampai terpecah belah karena Pilkada,”tambahnya.

            Disisi lain, Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU mengajak masyarakat Kabupaten Kepahiang menyambut Pemilihan Gubenur, wakil Gubernur dan Bupati Wakil Bupati dengan gembira. “Kegiatan ini mengartikan bahwa KPU dan Bawaslu Kepahiang sudah siap menyelenggarakan Pilkada. Saya berharap, selama tahapan Pilkada ini berlangsung berjalan dengan sukses dan lancar,”ungkapnya.

            Ia juga menekankan, seluruh elemen untuk menghindari cara-cara yang tidak terbuka. Semua harus taat pada aturan. Jangan sampai terjadi perpecahan karena Pilkada. “Mari bersama kita menghindari konflik horizontal, dan menjaga keutuhan bangsa ini. Sehingga Pilkada ini bisa menghasilkan pemimpin yang amanah, sesuai dengan pilihan masyarakat. Sambutlah Pilkada ini dengan baik.”

   Pantauan jurnalis, sosialisasi tahapan dan launching Maskot Sikola  berlangsung di lapangan Santoso Pasar Kepahiang. Hadir langsung Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, S.Ag, Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU, Sekda Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM, Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto, S.Sos beserta Komisionernya, Ketua Bawaslu Kepahiang, Rusman Sudarsono, SE beserta komisionernya, perwakilan KPU Mukomuko, Seluma, Kaur, Rejang Lebong, dan ratusan masyarakat Kabupaten Kepahiang hadir dengan antusias.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *