Pedagang Danau Nibung Diminta “Hijrah”

Featured Mukomuko

RBO, MUKOMUKO – Pada tahun 2020 mendatang, Pemerintah Kabupaten Mukomuko menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Pariwisata sebesar Rp 3,9 miliar. Dana tersebut direncanakan untuk membangun Dermaga Wisata, Landscape atau Taman serta Musala.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST., MT menuturkan, dipastikan, pada saat pembangunan nanti akan mengganggu aktivitas pedagang di Danau Nibung di lokasi yang saat ini sudah ramai. Sebab titik pembangunan tepat berada di titik tersebut.

Oleh sebab itu, kata Kadis, pihaknya meminta kepada para pedagang di Danau Nibung untuk pindah sementara pada saat pembangunan Dermaga, Landscape dan Mushola nanti berlangsung.

Katanya, terkait hal ini, pada saat sebelum pembangunan nanti, pihaknya akan mensosialisasikan terlebih dahulu dengan para pedagang setempat. Ia berharap pembangunan ini bisa mendapat dukungan masyarakat.

“Untuk lokasi dagang sementara, kemungkinan nanti kita arahkan di luar gerbang. Nanti kita cari lokasi yang strategis,” ujar Apriansyah.

Dipaparkannya, dari total DAK sebesar Rp 3,9 miliar tersebut akan membangun tiga item pekerjaan. Pertama akan membangun Dermaga Wisata dengan alokasi dana sekitar Rp 1 miliar.

“Dermaga ini untuk menunjang wisata yang telah tersedia saat ini. Yaitu wisata keliling Danau Nibung menggunakan perahu,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Kadis, akan dibangun landscape. Pada pembangunan ini meliputi pembangunan taman, lampu taman, serta gazebo dengan alokasi anggaran sekitar Rp 1,8 miliar. Selanjutnya akan dibangun pusat kuliner dan musala dengan anggaran Rp 977 juta.

“Pembangunan ini tujuannya tidak lain untuk meningkatkan daya tarik objek wisata Danau Nibung,” demikian Apriansyah. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *