Tinggi, Kakanwil Kemenag Pantau Seleksi Penyuluh Agama Islam Non ASN

Featured Peristiwa

RBO   >>>   BENGKULU   >>>   Minat masyarakat Provinsi Bengkulu untuk menjadikan penyuluh agama Islam Non Pegawai Negeri Sipil periode 2020-2024 ternyata sangat diminati. Sejak dibukanya pendaftaran hingga seleksi dilaksanakan dengan memperebutkan hanya sebanyak 312 orang saja, para pendaftar yang telah lulus administrasi telah mencapai angka 1.156 orang. Dari hasil evaluasi dan seleksi PAI Non PNS yang tersebar di jajaran Kemenag se-Provinsi Bengkulu, Kabupaten Kaur yang memiliki minat pendaftar yang cukup tinggi. Yakni 225 orang. Kemudian disusul Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 197 pendaftar. Kabupaten Mukomuko sebanyak 130 pendaftar, Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 125 pendaftar.

Kemudian disusul untuk Kabupaten Lebong sebanyak 120 orang, Kabupaten Seluma sebanyak 98 orang, Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 70 pendaftar. Selanjutnya Kota Bengkulu yang memiliki pendaftar paling sedikit yakni hanya 57 pendaftar.  
Tingginya minat pendaftar ini membuktikan tingginya antusias masyarakat  dalam rangka membantu sebagian tugas pemerintah dalam pembinaan umat dalam melaksanakan ajaran agama dan syariah.

Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar, MS, MPd melalui Kabid Penais Zakat dan Wakaf, Drs. Muhammad Soleh, M.Pd didampingi Kasi Penerangan dan Penyuluhan Agama Islam Dr. H. Intihan, S.Ag, MH mengatakan, sejumlah pendaftar tersebut telah dilakukan seleksi administrasi. Bahkan seleksi tertulis dan diakhiri seleksi wawancara dengan meliputi materi wawawasan kebangsaan, pengetahuan Al-Quran dan ibadah serta Khutbah Jumat dan ceramah pada Minggu (8/12).

Dalam seleksi tersebut, ketiga materi dikupas habis dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh. Sehingga target pencapaian informasi keagamaan kepada masyarakat bisa berjalan maksimal.

‘’Dengan adanya penyuluh ini, dapat membantu sebagian tugas pemerintah dalam pembinaan umat dalam melaksanakan ajaran agama dan syariah,’’ sampai Muhammad Saleh.

Pelaksanaan ujian seleksi PAI berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk itu pelaksanaan seleksi untuk memastikannya berjalan tertib dan lancar, sejumlah ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu melakukan pemantauan seleksi Penyuluh Agama Islam Non PNS pada Minggu (8/12). Bahkan Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd juga ikut serta memantau langsung seleksi tersebut. Yakni memantau seleksi di Kabupaten Mukomuko.

Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar, MS, MPd melalui Kabid Penais Zakat dan Wakaf, Drs. Muhammad Soleh, M.Pd mengatakan, kegiatan pemantauan pelaksanaan seleksi Minggu (8/12) berjalan dengan baik. Sehingga diharapkan dapat memperoleh Penyuluh Agama Islam Non PNS yang professional, dan andal sesuai dengan visi dan misi serta budaya kerja Kementerian Agama Republik Indonesia dalam upaya mencerdaskan masyarakat dalam hal kehidupan beragama.

‘’Ini semua untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Jadi, seleksi ini diharapkan benar-benar berjalan baik untuk meningkatkan kompetensi penyuluh. Karena itu, ikutilah seleksi ini dengan serius dan jika lulus seleksi, jadilah penyuluh agama Islam yang profesional dan andal,” ucap Bustasar.

Selain Bustasar, juga ikut serta melakukan pemantauan  yakni Kabag Tata Usaha, Drs. Yasaroh, MHi yang melakukan pemantauan di Kabupaten Rejang Lebong, Kabid Penais Zakat dan Wakaf Drs. H. Muhamad Soleh, M.Pd yang melakukan pemantauan di Kabupaten Kepahiang, Drs. H. Ramedlon, M.Pd yang melakukan pemantauan seleksi di Kabupaten Kaur. Kemudian Dr. Junni Muslimin, MA Kabid Pendidikan Madrasah yang turun ikut memantau di Kabupaten Bengkulu Tengah. Selanjutnya Kabid Pendidikan Agama, Keagamaan Islam Drs. H. Hamdani, M.Pd yang melakukan tugas pemantauan di Kabupaten Lebong. Drs. H. Ramlan, MHi selaku Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh melakukan pemantauan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Selain itu, Kasi Penerangan dan Penyuluhan Agama Islam Dr. H. Intihan, S.Ag, MH yang melakukan tugas pemantauan di Kabupaten Bengkulu Utara, H. Harismanjoyo, S.Ag, MHi Kasubag Humas memantau di Kabupaten Seluma serta Drs. H. Daharman, MHi, Kasubag Hukum dan KUB yang ditugaskan melakukan pemantauan di Kota Bengkulu.(Ae-4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *