Tujuh Calon Sekdaprov Mulai Diuji

Featured Pemda Provinsi Politik

RBO, BENGKULU – Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu melakukan seleksi lelang jabatan Sekda Provinsi Bengkulu sejak bulan November lalu. Dimana dari 9 peserta yang ada beberapa waktu lalu, hanya 7 peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Pengumuman sendiri ini disampaikan secara resmi pada tanggal 13 Desember yang lalu. Hasil ini sendiri berdasarkan penilaian para pansel yang ada dalam kompetensi tersebut. Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Badan Kepegawaian Daerah Pemda Provinsi Bengkulu Hendy Afrizal mengutarakan Minggu (15/12) saat dikonfirmasi mengatakan tahapan selanjutnya para calon Sekda itu Senin 16 Desember akan mengikuti tahapan seleksi manajerial dan sosio kultural.

“Dalam pengumuman itu bagi yang lulus administrasi Senin jam 8 sesuai dengan edaran yang ada, mengikuti tahapan uji kompetensi manejerial dan sosio kultural di Gedung Pola Pemda Provinsi Bengkulu. Tahapan itu sesuai dengan assesment, maka yang mengukur kemampuan manejerial calon Sekda ini kemudian sosio kultural pada tugas pelaksana mereka nanti apa yang harus dilakukan dihadapkan test case beberapa dari asesor tersebut,” ujarnya.

Tahapan selanjutnya nanti pada tanggal 18 Desember mendatang para peserta direncanakan para peserta akan menulis makalah selain itu mengikuti tes wawancara. Para pansel akan memberikan materi yang ada terhadap peserta. “Uruaian ini mengacu pada Menpan RB tentang nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian Sekda disitu ada proses penjaringan harus melalui tahapan sebelumnya. Termasuk seleksi administrasi kemudian seleksi atau asesment untuk menjaring manajerial dan sosio kultural ini masih panjang prosesnya. Para asesor nanti akan memberikan semacam materi, kemudian peserta akan melakukan penulisan makalah dan wawancara. Nanti akan dilakukan tes wawancara oleh pansel pada 18 hingga 19 Desember mendatang,” tambahnya.

Dilanjutkan olehnya, nanti diakhir kegiatan tersebut akan menyisihkan sebanyak 3 besar dalam calon Sekda tersebut. Kemudian hasil nama tersebut akan disampaikan oleh Gubernur Bengkulu yang akan diteruskan ke pemerintah pusat. Pemerintah pusat akan menilai 3 besar peserta yang nantinya akan diumumkan secara resmi menjadi Sekda definitif. “Nanti nama tersebut akan disampaikan oleh para pansel itu sendiri terhadap para Pejabat Pembina Kepegawaian dan dilaporkan ke pusat untuk dilakukan tahapan mereka yang menilai siapa yang memang dari tiga besar layak menjadi seketaris daerah,” lanjutnya.

Hendy menegaskan, para pansel merupakan pihak yang berkompeten di dalamnya selain itu pansel juga dipilih dari pihak luar Pemda Provinsi Bengkulu. Diantaranya Ketua Pansel Yusharto dari Kemendagri, Prof Dr Ridwan Nurazi Rektor Unib, Prof Rohimin dari IAIN Bengkulu, Herwan Somi dari Unib kemudian Heri Syahrial dari Profesional merupakan dari Pemda Provinsi Bengkulu. Masih Hendy menerangkan, untuk keputusan penilaian nanti juga berdasarkan adanya pengumuman yang diawal dengan prinsip seluruhnya dapat terpenuhi. Maka dalam aturan yang ada peserta yang gagal lolos nya tidak dapat melayangkan protes terhadap pihak Pansel.

“Pansel bukan dari Pemprov sendiri mereka ditunjuk dari SK Gubernur, selain itu harus disesuaikan dari pejabat dari jabatan Eselon I di Kementerian Dalam Negeri. Untuk penyampaian berkas ini sampai batas 15 hari, tepatnya deadline nya pada tanggal 29 November kemarin. Tidak ada kewewenangan selain pansel untuk melakukan administrasi hingga pada tanggal 13 Desember tersebut. Selanjutnya pansel sendiri yang membuka berkas, serta pansel memberikan kebijakan memang ada regulasinya maka tidak ada waktu sanggahan atau penyampaian protes dari Calon Peserta Sekda yang mungkin nantinya tidak lolos seleksi. Intinya ini, tahapan sampai tanggal 19 Desember hasil Wawancara karena ini bisa dibilang baru besok akan berkompetensi,” jelas dia.

Sementara itu, salah satu Peserta Seleksi Kompetensi Sekda Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Pemda Provinsi Bengkulu Ir Diah Irianti yang juga Kepala BKD ini. Saat ditanyai persiapan, dirinya menjawab hanya mempersiapkan diri dengan belajar serta berdoa untuk mengikuti seleksi Senin.
“Istirahat yang cukup, kita cuma butuh konsentrasi. Mempersiapkan badan agar sehat serta berdoa, semua pasti ingin lolos. Pastinya kita ikuti tahapan tahapan yang ada nantinya sesuai materi yang diberikan dari pihak Pansel,” imbuh Diah. (Bro)

Diantaranya ketujuh para peserta yang lolos yakni pejabat dilingkungan Pemda Provinsi Bengkulu

1. Hamka Sabri (Asisten I Setda/Plt Sekdaprov Pemda Provinsi Bengkulu)
2. Syahroni (Kadis PMD Provinsi Bengkulu)
3. Ricky Gunarwan (Kepala DPTHP Provinsi Bengkulu)
4. Diah Irianti (Kepala BKD Provinsi Bengkulu)
5. Foritha Ramadhani (Kepala P3APPKB Provinsi Bengkulu)
6. Atisar Sulaiman (Kepala Dispora Provinsi Bengkulu)
7. Herwan Antoni (Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *