4.419 Siswa Terima Beasiswa

Featured Kota Bengkulu Pendidikan

RBO, BENGKULU – Sebanyak 4.419 siswa dari jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Bengkulu mendapat bantuan beasiswa miskin dari Pemerintah Kota (Pemkot), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Benkulu. Bantuan ini merupakan serangkaian kegiatan memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-74 Bengkulu di Lapangan Kantor Walikota, kemarin.

Tak tanggung-tanggung, Walikota Bengkulu, Helmi Hasan langsung memberikan secara simbolis beasiswa tersebut melalui buku rekening. Apalagi, jumlah penerima beasiswa miskin berkurang dari tahun sebelumnya. “Penurunan jumlah beasiswa ini disinyalir berkurangnya tingkat kesulitan orangtua dalam mencari pekerjaan,” ujar Kepala Dikbud Kota, Rosmayetti, kemarin.

Apalagi, program Gerakan Peduli Siswa (GPS) juga menjadi pemicu turunnya beasiswa miskin ditahun 2019, sehingga Pemkot terus berupaya ingin mensejahterakan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan. ” Untuk kisaran uang beasiswa yang diberikan, jenjang SD Rp 500.000, SMP Rp 750.000. Siswa yang mendapat bantuan beasiswa ini sudah bisa mengambil uangnya di rekening masing-masing. Tidak ada embel-embel uang tersebut dipergunakan untuk keperluan dalam sekolah, murni dinikmati oleh siswa,” katanya.

Rosmayetti juga mengimbau, orangtua harus cerdas dalam memanfaatkan uang yang diberikan pihak Dikbud. Jangan sampai dipergunakan tidak semestinya. Misalnya, membeli sembako, baju dan lain-lain. Seharusnya, uang tersebut diperuntukkan perlengkapan sekolah anak mereka yang sudah tidak layak digunakan. “Kami berharap, orangtua harus bijak. Pemkot memberikan bantuan untuk meringankan beban hidup masyarakat yang tidak mampu,” terangnya.

Sedangkan untuk tahun 2020, anggaran beasiswa miskin sebesar 2.556.000.000, untuk SD dan SMP se-Kota Bengkulu selama satu tahun, dari seluruh total anggaran 73 Miliar. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *