UJH, Bang Ken, Hijazi, David, dan Suciwati, Incar Maju Pilgub Jalur Independen

Featured Politik

RBO, BENGKULU – Anggota Divisi Tekhnis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Emex Verzoni SE mengungkapkan, ada lima Liaison Officer (LO) Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Bengkulu mengikuti sosialisasi terkait dukungan jalur perseorangan atau independent pada Pilgub 2020. Hal itu diungkapkan Emex usai menghadiri Coffe Morning Coffe Morning menyongsong pemilihan Gubernur Bengkulu 2020, Rabu (18/12). “Jadi ada 5 LO atau perwakilan yang mengikuti sosialisasi. Terkait nantinya mereka mendaftar atau tidak bisa dilihat pada saat penyerahan berkas yang kita buka sejak 16 Februai hingga 20 Februari 2020,” ungkap Emex, Rabu (18/12).

Dikatakan Emex, kelima perwakilan calon kandidat diantaranya yang mengikuti itu yakni mantan Gubernur Bengkulu Ustadz Junaidi Hamsyah (UJH), Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi, anggota DPD RI Ahmad Kanedi, Suciwati dan David Suardi. Menurutnya, pada calon kandidat yang maju melalui jalur perseorangan harus menyerahkan dukungan minimal sebanyak 139.911 KTP dukungan yang tersebar di enam Kabupaten.

Paslon, lanjut Emex, juga harus menyiapkan satu pernyataan untuk setiap KTP elektronik dukungan. Surat pernyataan yang dimaksud harus dibuat untuk setiap KTP-el pada form B1-KWK yang langsung ditandatangani masyarakat pemilik KTP.

“Seluruh dukungan ini akan diverifikasi langsung di lapangan, atau door to door (dari rumah ke rumah), memastikan jumlah dukungan yang diberikan,” jelasnya.

Hasil dukungan masyarakat itu, sambungnya, menjadi dasar bagi calon dalam melakukan pendaftaran pada Pilkada serentak 2020 yang dimulai pada 16 – 18 Juni 2020. Pendaftaran itu juga berlaku bagi calon kandidat yang maju melalui Partai Politik (Parpol). “Persyaratan independent pada Pilkada serentak memang diperketat. Kalau dulu untuk dukungan sifatnya kolektif,” kata Emex.

Sebelumnya dari David Suardi, salah seorang kandidat bakal Cagub jalur independen, Dia memang menegaskan rencananya untuk maju pada Pilgub mendatang lewat jalur dukungan langsung dari masyarakat tersebut. “Kita masih terus gerilya mengumpulkan dukungan fotocopy e-KTP. Dan kami sudah menyiapkan relawan disetiap desa. Kami juga sudah mempunyai strategi dan cara sendiri dalam mengumpulkan fotocopy KTP dukungan,” tegas David.

Adapun dari Bupati Rejang Lebong Dr (Hc) H. A Hijazi saat mengikuti fit and proper test di Partai Gerindra beberapa waktu lalu juga pernah menegaskan bahwa dia siap maju Pilkada Gubernur Bengkulu lewat jalur perseorangan atau independen jika memang kedepan tidak mendapatkan dukungan perahu Partai Politik. “Kita siap untuk maju lewat jalur independen,” tegas Hijazi yang saat ini masih bersaing dengan petahana Gubernur Dr H. Rohidin Mersyah untuk mendapatkan dukungan tujuh kursi milik Partai Golkar Provinsi Bengkulu. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *