Astaga! Erosi Sungai Mulai Kikis Bangunan Peninggalan Inggris

Featured Mukomuko

RBO, MUKOMUKO – Apa yang dikhawatirkan oleh masyarakat, khususnya para pecinta sejarah benar-benar terjadi. Erosi Sungai Selagan yang terus terjadi tanpa ada penanganan semakin mengancam keberadaan bangunan bersejarah di Kabupaten Mukomuko. Yakni Benteng Anna yang beralamat di Pantai Indah Mukomuko (PIM), Kelurahan Koto Jaya, Kota Mukomuko.

Sisa bangunan Benteng Anna dibangun pada tahun 1798 lalu oleh kolonial Inggris (East India Company), kondisinya saat ini mulai dikikis erosi sungai Selagan. Erosi yang sudah menyentuh bangunan benteng baru terjadi sekitar sepekan yang lalu. Tepatnya saat meluapnya Sungai Selagan Sabtu (14/12) lalu.

Jika tidak ada penanganan serius dengan segera, bukan tidak mungkin sisa bangunan Benteng Anna akan terjun ke Sungai Selagan. Sekaligus menghapus bukti sejarah, perjuangan masyarakat Mukomuko melawan penjajah Inggris.

Seorang aktivis lingkungan, Robert Leonardo menyayangkan hal ini bisa terjadi. Salah satu Cagar Budaya di daerah ini terancam hilang akibat erosi sungai yang tidak ditangani.

“Kami pantau ke lokasi, laju erosi cukup cepat. Beberapa bulan lalu, jarak bibir sungai dengan bangunan Benteng masih sekitar setengah meter, Kamis (19/12) kemarin sudah sampai ke bangunan,” ujarnya kepada jurnalis kemarin.

Ia berharap, ada penanganan untuk menyelamatkan Benteng Anna dari pemerintah. Dan kata Robert, tidak hanya Benteng Anna saja yang terancam, erosi juga semakin mendekati puluhan rumah warga setempat.

“Kalau tidak ada penanganan serius, tinggal tunggu waktunya saja. Bangunan Benteng Anna bisa terjun ke sungai Selagan,” pungkasnya. (Sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *