Relawan “Pamer” di Medsos, Malah Dibantah Pengurus Partai

Featured Mukomuko Politik

RBO, MUKOMUKO – Salah satu akun Facebook bernama “Relawan Sapuan” Senin (30/12) memposting foto Sapuan, salah seorang kandidat kuat bakal calon Bupati Mukomuko pada Pilkada 2020 mendatang. Bersamaan dengan foto Sapuan, akun Facebook tersebut juga memosting sembilan foto lain, yakni lambang sejumlah Parpol.

Pada postingan tersebut, diberi keterangan “Insyaallah Kita Maju Bersama Menuju Mukomuko Maju ..#.H.Sapuan..For Bupati Mukomuko2020,” tulis akun tersebut dikutip Radar Bengkulu. Postingan tersebut seakan mengisyaratkan, sembilan parpol yang lambangnya ikut di-posting telah mendukung Sapuan untuk maju sebagai Calon Bupati pada Pilkada 2020 mendatang.

Lambang Parpol yang di-posting oleh “Relawan Sapuan” tersebut, semuanya memiliki kursi di DPRD Mukomuko. Yaitu, PDIP menguasai tiga kursi, PAN tiga kursi, NasDem, dua kursi, Hanura, satu kursi, PKS, satu kursi, Perindo, tiga kursi, PKB, dua kursi, Demokrat, tiga kursi dan Gerindra menguasai tiga kursi. Jika total dari partai-partai tersebut sudah 21 anggota DPRD Mukomuko, menyisakan 4 kursi dewan dari Golkar tiga kursi dan PKPI satu kursi.

Dari pantauan jurnalis, lima jam setelah di-posting, unggahan tersebut telah mendapat ratusan like, dan puluhan komentar. Beberapa pemilik akun lain mempertanyakan kepastian dukungan parpol-parpol yang lambangnya ikut diposting. Akun “Relawan Sapuan” hanya menjawab “Insya Allah”.

Terkait kepastian dukungan Parpol-parpol tersebut kepada Sapuan, Radar Bengkulu mencoba mengkonfirmasi langsung kepada salah satu Parpol yang lambangnya ikut diposting, yaitu PDIP. Ketua DPC PDIP Kabupaten Mukomuko, Dedi Kurniawan mengatakan, partainya belum menentukan dukungan kepada kandidat manapun. Sebab, rekomendasi belum turun.

“Tidak ada. Karena rekomendasi belum turun. Bahkan, kita sebagai pengurus belum pernah komunikasi lagi dengan Sapuan. Entah dia serius maju apa tidak, karena pas pendaftaran dia (Sapuan) tidak hadir mengantarkan berkas,” kata Dedi melalui pesan WhatsApp.

Lebih lanjut dikkatakannya, “Jadi, gak usah percaya info melalui sosmed.”

Hal serupa juga disampaikan Ketua DPD PAN Kabupaten Mukomuko, Agus Aswandi. Katanya, hingga saat ini, PAN belum menentukan siapa yang akan diusung pada Pilkada 2020 untuk Kabupaten Mukomuko. Katanya, PAN saat ini masih melakukan survei bagi nama-nama yang mendaftar ke PAN beberapa waktu lalu.

“Kita belum memutuskan akan mengusung kepada satu nama. Saat ini tim DPW Bengkulu masih melakukan survei. In Sya Allah pertengahan Januari kita sudah rekomendasikan nama-nama yang bakal diusung ke DPP,” ungkap Agus Aswandi ketika dikonfirmasi kemarin.

Sampai berita ini ditulis, Radar Bengkulu belum dapat menghubungi Sapuan atau Timnya untuk mengklarifikasi apakah benar akun tersebut benar-benar akun Relawan Sapuan yang adminnya diketahui oleh pihak Sapuan. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *