Kapolda: Bila Pelaku Pembegalan Melawan, Anggota Sudah Paham

Featured Hukum & Kriminal Pemda Provinsi

RBO, BENGKULU – Walaupun ditahun ini peristiwa yang menganggu Kamtibas terhitung menurun, namun Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Supratman MH meminta agar jajaran Kepolisian Bengkulu terus menindak tegas pelaku kejahatan yang ada Kamis (2/1).

Terlebih lagi ketika personel merasa terancam dengan keselamatannya. Hingga saat ini memang diketahui tindakan pembegalan tampak marak terjadi bahkan di daerah Kabupaten Rejang Lebong. Para pelaku tampak nekat merampas motor milik korban yang terekam di media sosial.

Supratman menerangkan, agar tetap profesional dalam melakukan penangkapan terhadap pelaku kejahatan. Bila pelaku memang menyerahkan diri bahkan kooperatif maka anggota tidak perlu melakukan kekerasan atau menembak di tempat. Tetapi apabila mengancam keselamatan para personel, maka Kapolda menginstruksikan tegas terhadap pelaku kejahatan yang ada.

“Tergantung anggota karena mereka tahu bagaimana kondisi di lapangan. Selain itu mereka juga tahu apa yang dilakukan di lapangan, termasuk mungkin tindakan kekerasan dari pelaku atau mengancam jiwa personel,” tegasnya.

Kapolda menambahkan, tindakan tegas diperlukan agar memberikan efek jera bagi para pelaku kejahatan yang ada selain itu juga memberikan keamanan terhadap korban. “Karena juga menyangkut keselamatan korban dalam hal ini warga, maka ya harus kita lakukan hal dengan tindakan tegas,” ujarnya.

Supratman mengatakan, ditahun ini yang menjadi fokus meningkatkan kamtibmas yang ada. Pasalnya pada tahun 2019 yang lalu, banyak kejadian pembegalan, pembunuhan hingga penemuan mayat. Dirinya berharap ditahun ini juga penyelesaian perkara dapat diselesaikan.

“Ya saya berharap sekali ditahun ini penyelesaian kasus agar tidak ada lagi menurun. Saya sudah meminta agar seluruh Pejabat Utama mempercepat beberapa kasus yang intensif agar cepat diselesaikan,” tutup Kapolda. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *