PKS Kirim Nama Bakal Cagub Ke DPP, Semua Berpeluang Sama

Featured Politik

RBO, BENGKULU – Dalam tahap penjaringan kandidat Cagub dan Cawagub oleh DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bengkulu saat ini, merebak isu yang mengatakan bahwa tiga kursi DPRD Provinsi Bengkulu milik PKS akan mendukung Helmi Hasan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu pada Pilkada 2020 mendatang. Namun hal itu ditepis oleh Ketua DPW PKS Provinsi Bengkulu, H. Sujono SP, M.Si. Ia mengatakan, pihaknya akan mengusulkan bacalon Gubernur Bengkulu dengan mekanisme yang ada sebelum diusulkan ke DPP.

“PKS mengusulkan pasangan calon sesuai dengan mekanisme yang sudah dilalui kandidat calon Gubernur, dan kita belum tentu ke Helmi ataupun kandidat lainnya. Kita masih melakukan kajian dan pendalaman terhadap para kandidat yang mengikuti proses penjaringan di DPW ,” ungkap Sujono, kemarin (1/1).
Dijelaskan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu itu, ada 9 kandidat yang mengambil formulir pendaftaran bakal Cagub, lima yang mengembalikan berkas pendaftaran dan hanya 3 kandidat yang mengikuti Fit and Proper Test (Uji Kelayakan dan Kepatutan) di PKS.
Kemudian PKS akan memproses ketiga kandidat yang mengikuti Fit and Proper Test dan mengirimkan nama ketiganya ke DPP.

“Ketiga nama yang mengikuti Fit and Proper Test itu, yakni Rohidin Mersyah, Ahmad Hijazi dan Andriadi Achmad. Biasanya sesuai mekanisme, ketiga kandidat inilah yang akan dikirim namanya ke DPP oleh DPW. Di PKS proses itu berjalan sebagaimana aturan yang ada. Saya sudah minta sekretariat untuk menyampaikan nama-nama kandidat ke DPP,” tutupnya.

Selain untuk Pilkada Gubernur, untuk Pilkada Kabupaten, Sujono mengatakan, mereka juga masih belum mengirimkan nama-nama kandidat Cabup dan Cawabup ke DPP. “Yang sudah itu baru Kabupaten Kepahiang. Dimana ada tiga pasang kandidat bakal Paslon yang sudah kita kirimkan ke DPP. Sedangkan kabupaten lainnya, masih menunggu,” pungkasnya. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *