Waspada! Cuaca Ekstrem, Masyarakat Waspadalah

Featured Lingkungan

Hujan Badai, Petir, Banjir dan Longsor

RBO, BENGKULU – Stasiun Meterologi Fatmawati Kelas III Bengkulu mengimbau masyarakat untuk berhati-hati. Pasalnya, cuaca ekstrem akan melanda Bengkulu sepekan ke depan dengan intensitas hujan mulai sedang hingga lebat. “Sekarang sudah memasuki musim hujan sehingga masyarakat diminta untuk mewaspadai cuaca ekstem,” kata Kepala Stasiun Meterologi Fatmawati Bengkulu Warjono.

Dia mengatakan, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi pada 5 hingga 7 Januari 2020 mendatang. Hujan lebat juga disertai petir dan badai kencang. Untuk itu bagi warga Bengkulu, yang tinggal daerah pegunungan, seperti Kabupaten Lebong, Rejang Lebong dan Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Tengah, agar mewaspadai longsor. “Di daerah pegunungan intensitas hujannya lebih tinggi dan lebih cepat dibandingkan wilayah lainnya. Karena itu, warga mewaspadai banjir dan longsor,” kata Warjono. Warjono menambahkan, musim hujan di Bengkulu, sudah terjadi sejak awal Desember 2019. Sedangkan puncaknya terjadi pada pertengahan Januari hingga Maret 2020 mendatang.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, H Herwan Antoni MKes mengimbau seluruh masyarakat agar tetap mawas diri menyikapi musim pancaroba sekarang ini yang ditandai adanya hujan, angin kencang atau badai. Beberapa penyakit menular yang disebabkan perubahan cuaca, diantaranya demam berdarah, malaria, diare, dan muntaber. “Untuk mencegah timbunya penyakit tersebut, diharapkan semua masyarakat selalu membersihkan lingkungan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-harinya,” kata Herwan, kemarin Minggu (5/1).

Kendati demikian Ia juga meminta partisipasi aktif masyarakat apabila ada kasus penyakit menular yang disebabkan perubahan cuaca terjadi dilingkungan sekitar agar segera melaporkan kepada petugas kesehatan terdekat. Mengingat jika nantinya ada temuan kasus, tentu pihaknya akan bisa lebih fokus menjalankan program pencegahan pada wilayah dimaksud. “Berpijak dari program Germas yang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan sekarang ini, secara tidak langsung, kesehatan masyarakat di Provinsi Bengkulu, sudah mulai terjaga dengan baik, harapan kita kesehatan masyarakat tetap dalam kondisi fit,” tutupnya. (Bro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *