Ayo Datang ke Ipuh, Wisata Sambil Selamatkan Penyu

Featured Mukomuko Pariwisata

RBO, MUKOMUKO – Keren. Kecamatan Ipuh memiliki objek wisata baru. Lokasinya di Pantai Batu Kumbang, Desa Pulau Baru. Adalah Komunitas Pecinta Alam Konservasi Penyu Mukomuko (KPA-KPM), membuka penyewaan All Terrain Vehicle (ATV) atau motor roda empat. Pengunjung pantai tersebut dimanjakan dengan fasilitas tersebut berkeliling menikmati suasana pantai yang indah.

Hebatnya lagi, uang hasil penyewaan ATV tersebut, akan dimanfaatkan komunitas untuk melakukan penyelamatan hewan dilindungi. Yakni penyu yang jumlahnya terus berkurang akibat perburuan manusia.

“Hasil penyewaan ATV itu bukan untuk keuntungan pribadi. Melainkan untuk biaya operasional penyelamatan penyu. Mulai biaya pakan tukik penyu yang ditetaskan, biaya survei atau patroli, operasional tim, termasuk untuk biaya perawatan ATV,” ungkap Hengky, salah seorang anggota KPA-KPM ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com, kemarin.

Untuk diketahui, komunitas tersebut sudah bertahun-tahun melakukan penyelamatan penyu. Khususnya di wilayah Kecamatan Ipuh. Bisa dikatakan awal pergerakan, mereka menggunakan biaya pribadi untuk melakukan tugas mulia tersebut.

Pada akhirnya pergerakan mereka mulai menjadi perhatian sejumlah pihak, termasuk Pemkab Mukomuko. Dimana pada tahun 2019 lalu, Pemkab Mukomuko menghibahkan tiga unit ATV dan motor trail kepada komunitas tersebut. Dari bantuan tersebut komunitas dapat membuka wisata baru di Kecamatan Ipuh.

“Ya, Alhamdulillah. Selain bisa menghidupkan suasana wisata di Ipuh, bisa juga membantu biaya penyelamatan penyu,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk saat ini, para wisatawan bisa menyewa ATV dengan harga cukup terjangkau. Yakni Rp 30.000 per keliling. Ada juga sistem paket, dengan Rp 150 ribu bisa menggunakan ATV selama satu jam.

“Mudah-mudahan wisata di pantai kita semakin ramai, serta bisa juga berdampak kepada masyarakat sekitar,” demikian Hengky. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *