Kata Komisioner KPU RI, Gedung KPU Mukomuko Kurang Ideal

Featured Mukomuko Politik

RBO, MUKOMUKO – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Wahyu Setiawan mengunjungi Kabupaten Mukomuko. Pria yang akrab disapa Mas Wahyu oleh jajaran penyelenggaraan Pemilu ini tiba di Mukomuko, Sabtu (4/1) sekitar pukul 13.30 WIB dan langsung menggelar jumpa pers didampingi Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra dan Ketua KPU Mukomuko, Irsyad. Bertempat di Gedung KPU Mukomuko di komplek Perkantoran Pemkab Mukomuko Kelurahan Bandaratu, Kota Mukomuko.

Ketika ditanya prihal gedung KPU Mukomuko, Wahyu menyebutkan memang gedung KPU Mukomuko kurang ideal. Baik dari bentuk maupun dari fasilitas gedung yang dimiliki saat ini.

“Kalau dilihat, gedung KPU Mukomuko memang kurang ideal ya. Belum punya sendiri dan lainnya,” sebut Wahyu dalam keterangannya, Sabtu (4/1).

Menurutnya, tidak hanya KPU Mukomuko yang memiliki gedung yang belum ideal, ada banyak di daerah lain kondisi kantor KPU-nya hampir sama dengan yang di Mukomuko. Termasuk di daerah-daerah Pulau Jawa.

“Saya sudah mendengar langsung dari cerita Ketua KPU Mukomuko di perjalanan tadi. Bahkan beliau bercerita lebih dramatis menyampaikan kondisi gedung KPU Mukomuko saat ini,” beber Mas Wahyu, begitu jajaran KPU biasanya menyapanya.

Ditambahkan Wahyu, memang beberapa tahun terakhir, ada moratorium pembangunan gedung KPU seluruh Indonesia. Dan sebetulnya, hingga saat ini moratorium tersebut belum dibuka secara utuh.

“Kami (KPU RI) sudah menyampaikan kepada Bapak Presiden untuk membuka moratorium itu. Tapi hingga saat ini belum dibuka secara utuh. Boleh (membangun gedung KPU), tapi dengan syarat yang sangat ketat,” ungkapnya.

Kendati demikian, dalam kondisi apapun, ia berharap, KPU Mukomuko tetap melaksanakan tugas dan wewenang serta pelayanan kepada masyarakat maupun peserta Pemilu dan Pilkada dengan baik.

“Kondisi ini jangan jadikan penghalang untuk memberikan yang terbaik,” pungkas Wahyu.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra menambahkan, sejauh ini, pihaknya belum mencatat hal negatif dari KPU Mukomuko, khusunya pada penyelenggaraan Pileg dan Pilpres setengah tahun 2019 lalu.

“Yang ada prestasi yang ditoreh KPU Mukomuko. Setelah evaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 lalu, KPU Mukomuko mendapat award katagori Situng terbaik se-Provinsi Bengkulu. Saya berharap dapat dipertahankan, khususnya pada Pilkada akan datang,” singkat Irwan. (sam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *