Baru 1 Titik Wisata Hasilkan PAD

Featured Kepahiang

RBO, KEPAHIANG – Dari sekian banyak wisata di Kabupaten Kepahiang baru satu titik yang menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu wisata Danau Suro. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepahiang, Tedy Adeba, ST. Menurutnya, beberapa titik wisata lain seperti Kebun Teh Kabawetan, Air Terjun Sengkoang, AirTerjun Curug Embun, Rest Area tempat pemandangan, dan beberapa titik wisata lainnya belum menghasilkan PAD. “Selama ini yang menghasilkan PAD baru satu Danau Suro. Yang lain belum,” ungkap Tedy.

Dijelaskannya, ditahun 2020 ini Disparpora akan meningkatkan PAD. Jadi, mulai saat ini wisata rest area 1 dan air terjun sengkoang akan diuji petik terlebih dahulu. Untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung setiap harinya, baik itu hari libur mau pun hari biasa. “Kita belum bisa mengatakan berapa target PAD kita dari pariwisata, yang jelas tahun 2019 baru danau suro yang menghasilkan PAD. Nanti kita lihat dulu, jumlah pengunjung, untuk bekerja sama dengan Bumdes pengelola wisata tersebut,” terangnya.

Lanjutnya, selama ini yang mengelola air terjun sengkoang, air terjun curug embun adalah masyarakay setempat. Karena lokasi air terjun tersebut milik masyarakat setempat, mereka yang membersihaknnya, dan mereka juga yang menyediakan lahan parkir dan lain sebagainya. Sementara untuk tulisan Kepahiang Mountain Valley diakuinya, sejauh ini belum ada pemungutan parkir. Yang ada hanya uang kebersihan. “Mudah-mudahan setelah ada hasil uji petik ini, nanti kita bisa bekerjasama dengan pengelola, dan bisa meningkatkan PAD,” demikian Tedy.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *