Sungai Meluap, Dua Desa di Seluma Selatan Terisolir

Featured Lingkungan Seluma

RBO, SELUMA- Hujan dengan intensitas tinggi dan lebat yang terjadi sejak Kamis (9/1) petang hingga Jumat (10/1) membuat sungai Seluma meluap. Akibatnya, dua desa yakni Desa Sukarami dan Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan terisolir, lantaran akses keluar masuk jalan terhambat.
“Warga tak dapat beraktivitas keluar desa karena akses masuk maupun keluar desa terendam banjir dan putus. Ketinggian air bervariasi mulai dari setinggi lutut kaki hingga dada orang dewasa,” kata Hendri (28) warga Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan, Jumat (10/1).

Meluapnya air sungai Seluma mengepung desa, genangan air juga menutupi akses jalan baik dari desa Sukarami menuju Desa Pasar Seluma, maupun dari Desa Pasar Seluma menuju Desa Rawa Indah Kecamatan Seluma Timur. Begitu juga akses jalan dari Pasar Seluma menuju PT Agri Andalas hingga menembus Desa Pasar Ngalam Kecamatan Air Periukan, genangan air terjadi menutupi jalan. “Kondisi seperti ini sudah rutin, dan langganan setiap tahun,” ujarnya.

Senada diungkapkan Adnan (55) warga Desa Sukarami. Di Desa Sukarami akses jalan dari desa Sukarami menuju Desa Padang Merbau dan menuju Pasar Seluma juga digenangai air. “Selain letaknya berada di dataran rendah, dua desa ini dekat dengan muara air Sungai Seluma. Sehingga saat musim penghujan, ditambah banjir kiriman, membuat dua desa tergenang banjir,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kondisi serupa setiap tahunnya, menurutnya salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni dengan pengerukan ataupun pemecahan alur sungai Seluma.

“Solusinya, dilakukan pengerukan atau pemecahan alur sungai Seluma, sehingga air tidak melumbap ke dua desa” ujarnya.
Untuk sementara ini, tidak ada korban jiwa atau kerugian material skala besar, namun warga sekitar masih was-was karena cuaca dengan mendung lebat dan curah hujan tinggi masih berkemungkinan besar terjadi di bulan ini. (one)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *