Cagub; Rohidin, Hijazi, Helmi, Rosjonsyah, Ferry Cukup Cuti

Featured Politik

Irwan Saputra : Kecuali Maju Pilgub di Luar Bengkulu

RBO, BENGKULU – Bagi para Bupati dan Walikota di Provinsi Bengkulu yang ikut jadi calon Gubernur cukup cuti saja. Mereka adalah Bupati Rejang Lebong dua periode Dr (Hc) H. A Hijazi, kemudian Bupati Lebong H. Rosjonsyah Syahili S.IP, M.Si, lalu Bupati Benteng Dr H. Ferry Ramli SH, MH serta Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan SE termasuk petahana Gubernur Bengkulu Dr H. Rohidin Mersyah ingin maju dalam Pilkada Gubernur Bengkulu tahun ini. Mereka tidak perlu mundur dari jabatannya sebagai kepala daerah.

“Kalau berdasarkan PKPU nomor 18 tahun 2019 itu, para Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang akan maju Pilkada Provinsi. Dalam provinsi yang sama, maka tidak perlu mundur,” ungkap Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra S.Ag, MM, Jumat (17/1).

Maka ketika para kandidat itu terdaftar sebagai Paslon di KPU nanti, meskipun mereka saat ini masih menjabat sebagai Kepala Daerah, mereka bisa cuti ketika masa kampanye.

“Jadi mereka bisa mengajukan cuti saja tiga hari sebelum melaksanakan kampanye. Setelah cuti, mereka bisa kembali kejabatannya sebagai kepala daerah. Beda aturannya jika para kepala daerah tingkat II itu maju menjadi Cagub di Pilkada Gubernur provinsi lainnya. Jika maju Pilgub di luar Bengkulu, maka para Bupati dan Walikota tersebut wajib mengundurkan diri. Sebab jika maju Pilkada diluar Provinsi Bengkulu artinya untuk daerah yang ditinggalkan agar roda pemerintahan dapat terus berjalan, maka dia wajib mengundurkan diri ketika mendaftar sebagai calon,” pungkas Irwan. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *