Honor PPK Sekota Bengkulu Ditaksir Habiskan Anggaran Rp793 Juta

Featured Kota Bengkulu Politik

Masa kerja 9 Bulan, Gaji Ketua Rp2,2 Juta, Anggota Rp1,9 Juta

RBO, BENGKULU – Anggaran untuk membayar honor Penyelenggara Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Bengkulu, ditaksir bakal menghabiskan anggaran sekitar Rp 793 juta rupiah. Ini disampaikan anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Bengkulu, Romi Sugara, S.Sos. Menurutnya, untuk di Kota Bengkulu jumlah PPK yang bakal direkrut sebanyak 45 orang.

“Dimana di Kota Bengkulu ini terdapat 9 Kecamatan, yang nantinya masing-masing Kecamatan jumlah PPK sebanyak 5 orang. Saat ini perekturan PPK dalam rangka menghadapi Pilkada serentak yang diagendakan berlangsung September mendatang sudah mulai kita buka. Tadi (kemarin, red) sudah ada beberapa masyarakat yang melihat syarat pendaftaran,” ungkap Romi, kemarin (17/1).

Menurutnya, dalam perekrutan untuk Pilkada serentak, masa kerja PPK selama 9 bulan terhitung sejak Maret ini. Berkaitan dengan honor, sesuai dengan surat Menteri Keuangan (Menkeu) RI No S-735/MK.02/2018 tertanggal 7 Oktober 2019, atas tindaklanjut usulan KPU RI No 1017/KU.03.2-SD/01/SJ/IA/019 tentang penyampaian kembali usulan standar biaya honorarium badan Ad Hoc Pemilihan Tahun 2020.

“Berdasarkan surat Menkeu, untuk honor PPK bagi yang mejabat Ketua sebelumnya Rp 1,85 juta naik menjadi Rp 2,2 juta. Sedangkan ntuk anggota dari Rp 1,6 juta menjadi Rp 1,9 juta. Jadi kalau kita kalkulasikan, untuk honor PPK yang masing-masing Kecamatan terdiri dari 1 orang Ketua dan 4 lainnya anggota ditaksir membutuhkan anggaran Rp 793,8 Juta,” terangnya.

Tentu saja, sambung Romi, itu belum termasuk Sekretaris dan Staf di PPK. Dimana untuk honor Sekretaris PPK juga ditetapkan naik dari Rp 1,3 juta menjadi Rp 1,55 juta, dan staf Rp 1 juta. “Berkaitan dengan tugas PPK dalam Pilkada serentak, tentu saja tetap mengacu pada UU No 07 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Pemilu,” demikian Romi. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *