Kapolda Irjen Pol Supratman: Jangan Percaya Calo, Rekrut Anggota Kepolisian

Featured Hukum & Kriminal Pendidikan

Jika Ada dan Terbukti Akan Dipidanakan, Pelapor Dikasih Hadiah

RBO, BENGKULU – Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Supratman MH mengatakan, untuk rekrutmen anggota kepolisian baru tahun ini, pihaknya menegaskan tidak ada lobi-melobi supaya bisa lulus. Apalagi, percaya dengan calo. “Kalau ada oknum-oknum calo yang menawarkan bisa lulus, kasih tau dengan saya. Nanti saya kasih hadiah,” kata Supratman saat menghadiri opening ceremony Mahoni Championship XVII SMAN 2 Kota Bengkulu, pada jurnalis, kemarin.

Supratman juga berharap, para siswa SMAN 2 ini yang ingin menjadi abdi negara khususnya di bidang kepolisian, semuanya bisa lulus menjadi anggota, baik itu ditingkat bintara, maupun perwira. Seperti akpol, akmil. Menurutnya, mempersiapkan diri mengikuti tes harus dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga usai mereka naik ke kelas XII, sudah matang dari segi fisik, sehat, otak dan lain-lain.
“Kalau semuanya sudah siap, kami rasa tidak ada kendala lagi nantinya,” ungkapnya.

Saat ditanya kalau persiapan dari segi materi ? Supratman mengatakan, ya harus dipersiapkan juga. Misalnya, kalau mendaftar ke Mapolda nanti bolak-balik naik angkot, pasti butuh materi. Kecuali angkotnya gratis. Ataupun mereka haus, mau beli air mineral ke warung terdekat. “Kami mengimbau pada masyarakat, jika mengetahui ada calo mengiming-imingkan lulus tes polisi, silakan lapor ke kami, asalkan benar tidak ada fitnah. Kalau terbukti langsung kami pidanakan. Orang yang memberitahu, kami kasih hadiah,” tegasnya.

Pihaknya juga menegaskan, rekrutmen kepolisian tahun ini sangatlah terbuka. Siapapun bisa melihat tahap demi tahap tes ujiannya, dari orangtua maupun masyarakat. “Jadi, memang tidak ada peluang untuk kerjasama, membantu dan lain-lain. Kalaupun lulus, memang karena layak menjadi anggota kepolisian. Bukan dibantu ataupun karena uang,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *