Bumdes Kelola Wisata Air Panas Lubuk Resam

Featured Pariwisata Seluma

Dibangun Kolam Pemandian untuk Menarik Minat Pengunjung

RBO, SELUMA – Salah satu lokasi wisata unggulan di Kabupaten Seluma yang masih belum dikelola secara optimal yakni wisata air panas Suban. Obyek wisata tersebut di Desa Lubuk Resam, Kecamatan Seluma Utara.

Tahun ini (2020), secara bertahap mulai dikembangkan dan dikelola pemerintah desa setempat melalui Dana Desa yang melibatkan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Dari total dana desa yang diterima tahun 2020 mencapai sekitar Rp 1,1 miliar, lebih dari setengah anggaran tersebut dialokasikan untuk perencanaan pembangunan objek wisata air panas Suban. “Pemerintah desa bersama warga berkomitmen bersama mengembangkan dan memajukan desa melalui sektor pariwisata yang ada. Sebagian besar anggaran Dana Desa digunakan untuk perencanaan pembangunan kolam pemandian air panas, dan dimanfaatkan untuk beberapa fasilitas wisata. Seperti Gazebo, kamar ganti, taman dan loket di pintu masuk kawasan wisata,” ujar Kades Lubuk Resam, Kecamatan Seluma Utara, Sudarmono belum lama ini.

Hanya saja kades berharap adanya peran serta pemerintah daerah selanjutnya agar dapat membangun akses jalan dan jembatan yang memadai, untuk memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Lubuk Resam.

“Persoalan yang dihadapi saat ini buruknya akses jalan menuju Desa Lubuk Resam dan sebagian besar desa di Kecamatan Seluma Utara,” sampainya.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Seluma, Marhakidinata M.Pd sangat mengapresiasi program pembangunan Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara. “Dengan dikembangkannya objek wisata alam air panas suban nantinya dapat menciptakan lapangan kerja baru yang pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Serta dapat mendongkrak PAD dari sektor wisata,” sampainya.

Di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara, terdapat 7 objek wisata yang sejauh ini belum tergali secara optimal. Selain air panas Suban, seperti wisata dua gua, sungai arung jeram, air terjun, destinasi panorama areal persawahan dan jalur traveling kawasan Bukit Sanggul. (0ne)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *