HD Clean Hadirkan Kebahagiaan di Rumah Ibadah

Featured Kota Bengkulu

RBO, BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) kembali meluncurkan program baru untuk membahagiakan masyarakat Kota Bengkulu, khususnya rumah ibadah dari masjid, gereja, pura dan lain-lain, supaya masyarakat tambah semangat dalam beribadah.

Program baru tersebut dinamakan HD Clean, satu unit mobil didalamnya terdapat alat-alat pembersih seperti mesin cuci, alat penghisap debu dan lain-lain. Mobil ini, setiap harinya akan mengunjungi rumah ibadah di Kota Bengkulu. “Target utama dari HD Clean ini, akan mendatangi rumah ibadah, supaya tampak bersih, nyaman, indah dan harum di seluruh area rumah ibadah tersebut. Tidak ada lagi ditemukan WC rumah ibadah kotor, bau dan lain-lain,” ujar Walikota Bengkulu, Helmi Hasan usai meluncurkan HD Clean secara resmi di Masjid At-Taqwa Anggut, kemarin.

Dijelaskannya, HD Clean akan datang ke rumah ibadah tersebut, jika diminta untuk dibersihkan itu menjadi prioritas utama. Kalaupun, tidak ada yang meminta bantuan supaya rumah ibadahnya bersih, rapi dan indah, maka pihaknya akan datang menyasar ke seluruh Kecamatan, Kelurahan, RT di Kota Bengkulu dari informasi masyarakat, jika mengeluhkan rumah ibadahnya kotor, tidak dibersihkan seperti tidak terawat. “Misalnya, ada masyarakat yang sedang beribadah di salah satu rumah ibadah, kemudian dia melihat, di area rumah ibadah itu tumbuh semak belukar, WCnya kotor, keramik-keramiknya sudah pecah dan berkarat, karpet dipenuhi debu, maka HD Clean menjadi solusi akternatif utamanya,” terangnya.

Dengan adanya HD Clean, Helmi mengharapkan setiap rumah ibadah betul-betul menjadi tempat yang menyenangkan bagi siapa saja yang datang ingin beribadah. “Setiap HD Clean turun membersihkan rumah ibadah, nantinya akan ada kenang-kenangan yang bisa diberikan dari kami. Apa itu? masyarakat, pengurus masjid bisa bekerjasama untuk merawat dan menjaga rumah ibadah supaya tampak bersih, harum dan rapi,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bengkulu, Maas Sabirin mengatakan, dengan dibentuknya satgas rumah ibadah sebagai penunjang HD Clean ini, pihaknya akan menurunkan personelnya untuk membersihkan rumah ibadah di Kota Bengkulu. “Bukan hanya umat muslim saja, tapi non muslim juga akan dibersihkan rumah ibadahnya. Sasaran yang akan dibersihkan, kami akan berkoordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), untuk meminta data rumah ibadah tersebut,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *