Seni Mampu Membentuk Karakter Siswa

Featured Pendidikan

RBO, BENGKULU – Pentas seni SMPN 1 Kota Bengkulu merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun. Dengan seni mampu membentuk karakter seorang siswa menjadi karakter yang baik. Ini tergantung bagaimana cara seorang guru dan orang tua mengarahkannya nanti.

‘’Kegitan pentas seni ini merupakan kerja kolompok maupun perseorangan siswa untuk diambil nilai ujian praktiknya. Dari kegitan pentas seni ini pula, kita bisa melihat bagaimana cara siswa ini berkolaborasi dan bekerja sama untuk menyamakan visi, misi, gerakan yang kompak,”ucap Kepala SMPN 1 Kota Bengkulu, Idiarman saat dihubungi jurnalis, di ruang kerjanya, kemarin.

Gerakan seni ini, lanjutnya, merupakan hasil karya siswa sendiri yang menggabungkan siswa sebanyak 258 orang yang dibagi kelompoknya sesuai kelasnya masing –masing untuk menjadi satu tujuan.

Dari seni ini juga, para siswa bisa bekerja sama untuk memberikan motivasi kepada siswa yang lain dan menjaga pergaulan yang dilakukan.
Untuk menjadi satu kesatuan dalam pertunjukan pentas seni ini, ada hal yang menjadi halangan. Seperti ada salah seorang siswa dalam satu kelas yang tidak hadir.

‘’Ini pasti akan menjadi kendala untuk membentuk sebuah cerita yang diperankan oleh masing –masing siswa tersebut. Di sinilah tugas seorang guru yang harus mempunyai kesabaran yang extra dalam membimbing. Apalagi saat ini usia yang masih remaja, mereka sangat sulit untuk diatur.’’
Seni juga, mampu untuk mengantarkan kita kepada kesuksesan. ‘’Salah satu yang pernah saya lihat adalah pementasan seni di UNIB, seni tari. Ternyata yang melakukan seni tersebut adalah alumni dari SMPN 1. Bahkan penampilannya sampai ke tingkat nasional. Sehinnga dengan seni menjadi modal untuk mendapatkan penghasilan,” ujar Idiarman.

Maka itu, seni merupakan hal yang yang sangat penting. Bahkan nanti tiba waktunya para siswa SMPN 1 bisa membawa seni ini sampai ke perguruan tinggi.

Di sisi lain, salah seorang guru mata pelajaran kesenian SMPN 1 Kota Bengkulu yang sering disebut siswa dengan ibu Dewi ini sangat berperan aktif untuk siswa agar mampu menguasai peran seni yang dilakoninya.

Sementara itu, Dewi pun mengucapkan terima kasih dengan para dewan guru yang sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih.
Memang untuk mempersiapkan kegiatan pentas seni ini mengalami sedikit hambatan,tetapi itu semua tidak menyurutkan semangat para siswa untuk terus berlatih.

‘’Dari hasil latihan para siswa selama ini, pentas seni yang dilakukan para siswa ini hasilnya pun tak ternilai. Pokoknya camkoha,’ucap Dewai.
Seni bukan hanya sekadar melihat tarinya, nyanyinya. Tetapi seni ini mendidik karakter para siswa.
‘’Seni ini adalah sebuah rasa yang nantinya mencermin karaktek siswa dalam rasa dalam melakukan sesuatu,yang akan berpengaruh kepada sikap anak tersebut,”ungkap Dewi.
Untuk itu, buatlah sebuah seni ini sebagus mungkin. Karena penampilan seni yang baik adalah penampilan seni yang bisa berkolaborasi kepada para penontonnya.(Sir1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *