Datangi KPU Prov Bengkulu, Pimpinan DPD RI Pastikan Proses Pilkada Lancar

Featured Politik

Bengkulu Siap, Hanya Ada Kendala Bawaslu Rejang Lebong

RBO, BENGKULU – Lembaga legislatif DPD RI melakukan kunjungan kerja ke sekretariat KPU Provinsi Bengkulu untuk bertemu dengan penyelenggara komisioner KPU serta Bawaslu Provinsi Bengkulu guna memastikan proses Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Bengkulu berjalan lancar. “Salah satu fungsi yang melekat pada DPD adalah fungsi pengawasan. Jadi kedatangan kita kemari untuk memastikan bahwa proses tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di Bengkulu dimana ada satu Pilkada Provinsi dan delapan Pilkada kabupaten dapat berjalan baik dan lancar sesuai regulasi yang ada,” ungkap Wakil Ketua III DPD RI Sultan B Najamuddin yang mewakili Ketua DPD RI, La Nyala Mahmud Mattaliti saat diwawancarai usai bertemu KPU dan Bawaslu Provinsi Bengkulu, Selasa (21/1).

Dijelaskan oleh Sultan, selain memastikan proses tahapan Pilkada berjalan aman dan lancar, tadi juga mereka menampung aspirasi, masukan dan saran dari pihak penyelenggara terkait soal anggaran. “Tadi penyelenggara menyampaikan usulan agar tidak ada kendala konflik of interest bagaimana kalau Pilkada kedepan itu seluruh kebutuhan anggaran dari APBN oleh pemerintah pusat, sehingga penyelenggara didaerah nanti mendapatkan dana dari pusat tidak lagi membebani APBD. Untuk anggaran kita dengar tadi sudah sesuai on the track Gak ada kendala yang luar biasa. Ada Bawaslu Rejang Lebong yang disampaikan. Nanti kami akan follow up. Dan catatan kelam Pilkada kita seperti di Kaur dulu, jangan sampai terjadi lagi. Nanti pada hari H serta sebelum hari H pemilihan kita juga akan melakukan pengawasan langsung,” jelasnya.

Ditambahkan oleh anggota DPD RI dari Bengkulu, Hj. Riri Damayanti John Latief S.Psi, dimana kedatangan rombongan DPD turut serta dalam rombongan Ketua DPD RI, La Nyala Mahmud Mattaliti. Kemudian Waka. Kemudian ada sekitar 7 orang anggota DPD, termasuk Ketua Komite I Fahrurozi yang ikut dalam kunjungan ke KPU tersebut. “Hari ini kami dalam rangka pengawasan terhadap penyelenggara pemilu menyangkut Pilkada serentak 23 September 2020 ini nanti. Alhamdulillah laporan KPU dan Bawaslu tahapan sudah berjalan dengan aman dan terkendali. Dan dari Ketua Komite I tadi juga menyatakan beliau akan ikut menelusuri persoalan terkait anggaran Bawaslu Rejang Lebong,” tambah Riri.

Sementara itu, dari Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra S.Ag, MM menegaskan, pada intinya pihaknya siap menyelenggarakan pesta demokrasi di daerah untuk Pilkada serentak tahun ini. “Yang pertama kita patut mensyukuri dan apresiasi. Dimana ini kunjungan perdana, termasuk Ketua DPD RI. Kita patut mensyukuri bahwa untuk Pilkada kita di Bengkulu ini dimana ada delapan Pilkada Kabupaten serta satu Pilkada Provinsi mendapat perhatian banyak pihak. Ini menjadi salah satu bentuk motivasi kami penyelenggara pemilu di Bengkulu guna meningkatkan profesionalisme dan integritas. Karena kita menjadi sorotan banyak pihak, dan menjadi harapan banyak pihak pula Pilkada kita berjalan dengan baik,” tegas Ketua KPU Provinsi Bengkulu ini.

Adapun dari Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu, Patimah Siregar M.Pd dia menambahkan, memang benar ada persoalan untuk anggaran Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *