Gagal Jalur Independen, Cakada Tidak Bisa Maju Jalur Parpol

Featured Politik

RBO, BENGKULU – Pihak penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu mengatakan bakal pasangan calon kepala daerah yang gagal menempuh pencalonan perseorangan, tidak bisa lagi mendaftarkan diri sebagai calon yang partai politik. Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Divisi Hukum Eko Sugianto SP, M.Si, kepada radarbengkuluonline.com, Rabu (22/1).

“Sampai saat ini regulasi di PKPU itu, tidak boleh ketika sudah gagal terverifikasi tidak boleh mendaftar lewat Parpol. Cuma kan kita belum tahu perkembangan regulasi kedepan,” ungkap Eko.

Dijelaskan Eko, hal itu tertuang PKPU 2017 nomor 33 tentang mekanisme pencalonan. Sedangkan menurut Eko, pelaksanaan sekarang untuk berada di 2020 karena tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan. “Tahapannya kan tidak beriringan, maka bisa saja. Tetapi kalau regulasi sekarang ya begitu dia tidak boleh lagi mendaftar jalur parpol jika gagal dalam jalur perseorangan,” tutupnya.

Sebelumnya dari kandidat bakal calon kepala daerah jalur perseorangan atau independen, David Suardi pernah mengatakan, jalur independen ini sebenarnya adalah yang paling utama. “Sebab dari sisi pendaftaran jalur independen ini didahulukan penyerahan syarat dukungannya. Dan jika kita tidak lolos lewat jalur independen, maka masih ada kesempatan kandidat maju lewat jalur Parpol. Artinya, kita masih ada kesempatan jika memang nanti tidak lolos menjadi calon independen,” kata David. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *