Tanpa Penyertaan Modal Bimex Jajaki 3 Korbis

Ekonomi & Bisnis Featured Pemda Provinsi

RBO, BENGKULU – Perusahaan Daerah (PD) Bengkulu Impor Ekspor (Bimex) mulai menjajaki 3 Koridor Bisnis (Korbis) yang sudah dituangkan dalam program rencana bisnis, tanpa harus meninggalkan bisnis yang sudah ada. Menariknya, penjajakan ketiga Korbis tersebut dipastikan tanpa harus menunggu penyertaan modal, sebagaimana yang pernah diinstruksikan Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setdaprov Bengkulu, Dr. Anzori Tawakal, ST, M.Si mengatakan, tadi (kemarin, red) pihaknya sudah rapat dengan direksi PD Bimex, dalam rangka menyusun rencana kerja tahunan dan juga jangka menengah terhadap 3 Korbis yang menjadi fokus PD Bimex. Dimana ketiga Korbis tersebut masih bergerak dibidang impor dan ekspor.

“Kita berharap Korbis ini nanti dapat segera ditindaklanjuti oleh kawan-kawan direksi. Sebagaimana penjelasan direksi PD Bimex, ketiga Korbis itu yakni dengan PT Pelindo II Cabang Bengkulu dengan usaha ekspor batubara, sub distributor kerjasama dengan Semen Padang, dan dengan Bulog terkait kebutuhan pokok khususnya beras,” ungkap Anzori, kemarin (9/2).

Disinggung eksekusi Korbis, Anzori menyampaikan, tergantung dengan PD Bimex sendiri kapan mulai meralisasikan Korbis yang telah direncanakan. Karena memang PD Bimex sebagai eksekutornya. “Kita dari pemerintahan sifatnya mendorong, sehingga dengan eksekusi ketiga Korbis, PD Bimex menjadi sehat kembali dan berkontribusi terhadap daerah,” kata Anzori.

Sementara itu, Direktur Umum PD Bimex, Handiro Efriawan mengatakan, penjajakan Korbis sudah berjalan. Setelah sebulan pertama pihaknya merampungkan pembenahan secara internal. “Seiring dengan itu juga, kita berkoordinasi pada beberapa pihak, yang tak lepas dari rencana Korbis. Bahkan kita sudah menjajaki, yang endingnya bakal dibuatnya Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pihak seperti Bulog, PT Semen Padang, dan PT Pelindo II,” terang Handiro.

Lebih jauh dikatakannya, pihaknya memprediksikan akhir bulan ini Korbis itu mulai direalisasikan. Dipastikan realisasi Korbis, tanpa harus menunggu penyertaan modal dulu ataupun berubahnya status PD Bimex menjadi Perseroan Terbatas (PT). “Mudah-mudahan dalam sepekan dua kedepan, PKS yang sudah kita jajaki rampung. Sehingga Korbis yang direncanakan bisa langsung eksekusi,” tandas Handiro.(idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *